Devotion 89 : YANG MENANG YANG BERNYANYI

Devotion 89 - Dr. Heintje Kobstan
"YANG MENANG YANG BERNYANYI"
Bacaan: Wahyu 15

Di pasal ini, Yohanes mendapat penglihatan suatu tanda lain dilangit yang besar dan ajaib: yaitu ke-7 malaikat dengan 7 malapetaka, malapetaka terakhir. Itu merupakan malapetaka terdahsyat dan akhir dari murka Allah. Angka 7 melambangkan kesempurnaan atau kepenuhan.
Penglihatan berikutnya adalah mereka yang telah mengalahkan binatang itu, patungnya dan bilangan namanya menyanyikan nyanyian Musa dan nyanyian Anak Domba. Dalam PL tercatat 2 nyanyian Musa yaitu dalam Keluaran 15 dimana Musa merayakan kemenangan atas Firaun dan dalam Ulangan 32 dimana Musa merayakan kemurahan dan hukuman Allah, sebelum Musa meninggal. Nyanyian di dalam Keluaran 15 menjadi dasar dari nyanyian di Kitab Wahyu 15:3-4. Nyanyian Musa ini cocok sekali dengan konteks kitab Wahyu. Dalam pasal 15 ini, kemenangan disini lebih dari apa yang dialami oleh Musa.
Musa merupakan tipologi dari Kristus. Dalam Kitab Wahyu kemenangan yang dirayakan adalah kemenangan atas si jahat. Oleh karena mereka telah mengalahkan binatang dan patungnya serta bilangan namanya maka mereka pun berhak tampil sebagai pemenang yang menyanyikan nyanyian kemenangan. Yang mereka nyanyikan bukanlah pujian untuk diri mereka sendiri karena telah mengalami kemenangan tapi mereka mempersembahkan kemenangan itu hanya kepada Kristus. Kristuslah yang telah memberikan kemenangan itu, yang telah membawa mereka keluar daripada penganiayaan. Yesuslah pemenang sejati. Jika kita memiliki Yesus dan kesaksian Yesus ada dalam mulut kita dengan mempertahankan iman kepada Yesus maka kita pun akan mengalahkan binatang itu. Yang akhirnya adalah yang menang yang akan bernyanyi suatu nyanyian kemenangan. #passionateheintje.blogspot.com
Wahyu 15:3 "Dan mereka menyanyikan nyanyian Musa, hamba Allah, dan nyanyian Anak Domba, bunyinya: "Besar dan ajaib segala pekerjaan-Mu, ya Tuhan, Allah, Yang Mahakuasa! Adil dan benar segala jalan-Mu, ya Raja segala bangsa!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT