Devotion 85 - KEHADIRAN ALLAH DITENGAH UMATNYA

Devotion 85 - Dr. Heintje Kobstan
"KEHADIRAN ALLAH DITENGAH UMATNYA"
Bacaan: Wahyu 11

Dalam penglihatan Yohanes, Bait Suci Allah yang disorga terbuka. Kata yang diterjemahkan dengan Bait Suci adalah Naos, yang artinya ruang maha suci, bagian paling dalam dari Bait Allah. Dalam penglihatannya, Yohanes melihat didalam Bait Allah yang disorga itu ada tabut perjanjian. Dalam Perjanjian Lama, tabut perjanjian itu melambangkan kehadiran Allah di tengah-tengah umatNya walaupun hanya imam besar yang melihatnya, itupun hanya sekali setahun.
Dalam PL, tabut perjanjian berada di dalam bait Allah yaitu di ruang maha kudus. Dan dalam tabernakel Musa hanya imam besar yang bisa masuk keruang maha suci itupun sekali dalam setahun. Dalam pondok Daud, tabut Allah itu ada di tengah-tengah tenda dan dikelilingi para pemuji dan penyembah yang setia melayani Tuhan 24 jam. Pujian dan penyembahan hanya dinaikkan kepada Sang Raja oleh para imam. Oleh karena itu berlatihlah terus memuji Tuhan di baitNya.
Ketika orang Israel keluar berperang, maka tabut Allah di tempatkan di depan setelah para pemuji. Dan selama Tuhan berkenan kepada orang Israel, maka akan ada kemenangan yang terjadi. Bahkan ketika tabut Allah diletakkan di kuil dagon, keesokan harinya dewa dagon telah jatuh dengan kepala yang patah. Berarti lewat tabut Allah, kehadiran Allah nyata.
Dalam hidup ini kita membutuhkan hadirat Allah menyelimuti kita. Yohanes disuruh Tuhan untuk mengukur bait Allah dan mezbah serta umat Tuhan yang beribadah didalamnya. Dan Yohanes disuruh Tuhan untuk mengecualikan pelataran yang sebelah luar. Ibadah itu sungguh penting karena Tuhan akan membuat perbedaan antara orang yang beribadah kepadaNya dan yang tidak. Dan jika kita suka memuji dan menyembah Tuhan, maka hadirat Allah akan menyelimuti kita dan membawa kita dari kemenangan kepada kemenangan. #passionateheintje.blogspot.com
Wahyu 11:19 "Maka terbukalah Bait Suci Allah yang di sorga, dan kelihatanlah tabut perjanjian-Nya di dalam Bait Suci itu dan terjadilah kilat dan deru guruh dan gempa bumi dan hujan es lebat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT