Devotion 80 : SIAPAKAH YANG DAPAT BERTAHAN?

Devotion 80 - Dr. Heintje Kobstan
"SIAPAKAH YANG DAPAT BERTAHAN?"
Bacaan : Wahyu 6

Dalam pasal ini, Yohanes memaparkan tentang ketika hari Tuhan, hari kemurkaan penghukumanNya. Ia menyatakan ketika hari itu tiba, siapakah yang dapat bertahan? "Siapakah yang tahan berdiri menghadapi geramNya? Dan siapakah yang tahan tegak terhadap murkaNya yang bernyala-nyala? Kehangatan amarahNya tercurah seperti api, dan gunung-gununga batu menjadi roboh dihadapanNya?" (Nahum 1:6).
Namun Yohanes telah menguatkan Gereja yang sedang menderita bahwa Kristus telah menang dan memerintah diatas penguasa dunia dan Gerejapun mengalami kemenangan Kristus (ps.1-5). Di ps.6 ini, Kristus yang menang bertindak membuka meterai. Meterai 1-4 adalah dilambangkan dengan 4 ekor kuda pembawa malapetaka yang bisa terjadi secara serempak atau berurutan. Kuda keempat merupakan rangkuman malapetaka yaitu maut yang akan menimpa seluruh penduduk dunia. Kuda pertama dan terakhir menyatakan bahwa manifestasi hukuman dari Allah adalah malapetaka alam dan manusia pengikut si jahat.
Kristus sebagai Raja kini memurnikan orang beriman dan menghukum mereka yang tidak taat kepadaNya melalui malapetaka itu. Jelaslah bahwa seluruh malapetaka ini merupakan hukuman yang ditujukan kepada dunia yang berdosa. Namun dalam penglihatan Yohanes selanjutnya ada orang-orang yang terbebas dari hukuman Allah. Mereka adalah para pengikut Kristus yang setia yaitu para martir. Mereka adalah orang-orang yang berani menanggung kesulitan karena kesetiaan kepada Allah, orang-orang yang hidupnya dikorbankan bagi Allah. Hanya mereka yang setia dan rela menjadi martir yang dapat bertahan menghadapi hari kemurkaan ini. #passionateheintje.blogspot.com
Wahyu 6:17 "Sebab sudah tiba hari besar murka mereka dan siapakah yang dapat bertahan? "

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT