Devotion 81 : YANG TERLUPUTKAN

Devotion 81 - Dr. Heintje Kobstan
"YANG TERLUPUTKAN"
Bacaan: Wahyu 7

Orang Kristen tidak dijanjikan untuk luput dari aniaya. Aniaya ini justru akan menguji dan mendorong orang percaya terus bertekun dalam iman, pengharapan dan kasih agar beroleh kemenangan. Di pasal ini Yohanes berbicara tentang keluputan. Luput disini adalah terhindar dari hukuman Allah atas penghuni dunia yang membenci Dia dan bertindak jahat  kepada umatNya. Dalam Yehezkiel 9:3-6, dikisahkan bagaimana orang-orang yang berkeluh kesah tentang dosa Yerusalem diberi tanda huruf "tau" didahi mereka. Setelah itu 6 orang (malaikat) diberi perintah untuk membunuh setiap orang yang tidak memakai tanda itu.
Menurut beberapa penafsir, perlindungan yang disediakan melalui segel ini adalah perlindungan rohani, yaitu mereka yang disegel pasti mendapatkan hidup kekal dan luput dari hukuman kekal. Tapi juga bisa berarti segel itu adalah perlindungan secara jasmani karena sesuai konteks yang kita baca yang mengancam adalah malapetaka jasmani dan angin jasmani. Rupanya mereka yang disegel dilindungi secara jasmani dari bahaya yang dinubuatkan dalam ps.7:3 yaitu malapetaka angin kencang.
Penglihatan Yohanes yang penuh penghiburan bagi Gereja Tuhan merupakan penglihatan yang disisipkan  diantara penglihatan-penglihatan tentang hukuman purba. Pertama, umat Kristen  umat Allah tetap akan mengalami penderitaan, namun persekutuan umat dengan Kristus yang sudah terjalin dalam iman menjadi jaminan keselamatan kekal. Kedua, Allah mengenal siapa umatNya. Pengenalan inilah yang membuat Allah memberikan perlindungan. #passionateheintje.blogspot.com
Wahyu 7:3 "... katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT