TETAP BERSUKACITA DALAM PENDERITAAN

Devotion 61 - Dr. Heintje Kobstan
"TETAP BERSUKACITA DALAM PENDERITAAN"
Bacaan: 1Petrus 1

Masalah dan penderitaan tetap akan ada selama kita masih di dunia ini. Masalah dan penderitaan itu akan membuat manusia bisa mengalami keterpurukan. Orang Kristen pun tidak akan terluput dari hal ini. Justru lewat masalah dan penderitaan akan memurnikan iman kita. Allah mengijinkan hal ini agar supaya iman kita murni dan kita beroleh puji-pujian, kemuliaan dan kehormatan pada saat kedatangan Yesus Kristus keduakalinya.
Selama penantian kita akan kehidupan kekal, kita masih tetap hidup di dalam dunia bersama-sama dengan orang duniawi. Artinya kitapun akan tetap mengalami pencobaan yang membawa penderitaan sama seperti orang dunia yang dicobai karena keinginan mereka. Namun pencobaan itu tidak akan membawa anak-anak Tuhan jatuh dan tak bisa bangkit lagi. Mengapa demikian? Karena ada pengharapan yang pasti bahwa Tuhan akan selalu menolong kita melewati itu semua.
Dalam surat ini, Petrus ingin menyatakan bahwa tujuan Tuhan mengijinkan penderitaan oleh berbagai pencobaan (Yun. Peirasmos = beban penganiayaan yang saat itu sudah mulai diderita umat Tuhan) bukan untuk menjatuhkan kita namun untuk menguji kesejatian iman kita. Oleh sebab itu Petrus memberi nasehat untuk tetap bersukacita walau dalam penderitaan. Inilah sukacita Kristen yang tidak terpengaruh oleh situasi. Kita bersukacita karena ada Roh Kudus didalam kita yang senantiasa menolong dan memelihara hidup kita melewati masa-masa yang sukar sehingga kita bisa keluar sebagai pemenang dengan iman yang teruji dan murni. #passionateheintje.blogspot.com
1 Petrus 1:6 "Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT