Devotion 53: KARENA IMAN

Devotion 53 - Dr. Heintje Kobstan
KARENA IMAN
Bacaan: Ibrani 11

Saya pernah mendengar pengajaran bahwa dalam Perjanjian Lama orang diselamatkan oleh perbuatan mereka. Kemudian dalam Perjanjian Baru, orang diselamatkan karena iman kepada Tuhan Yesus. Penulis Ibrani telah menuliskan bahwa Yesus adalah kegenapan dari semua hukum ritual, nubuatan dan simbol-simbol yang ada di dalam Perjanjian Lama. Yang berarti di dalam Perjanjian Lama, perbuatan kita akan menyelamatkan bila dilakukan dengan menaati peraturan-peraturan dalam hukum Taurat yang merujuk kepada penggenapan nubuatan dalam Yesus. Kurban persembahan tidak dapat menghapus dosa, tetapi iman kepada Allah yang menjadi dasar peraturan itulah yang menyelamatkan.
Iman adalah percaya pada hal-hal yang tidak kelihatan, bukan berarti percaya pada yang tidak dikenal. Tokoh-tokoh PL hidup dengan percaya pada apa yang tidak kelihatan, atau oleh iman. Iman adalah bukti atau jaminan yang paling kokoh bahwa segala sesuatu yang tidak kita lihat merupakan kenyataan (pragmata). Karena iman Abraham percaya keturunannya akan seperti bintang dan pasir dilaut banyaknya, sudah dilihat? Belum, tapi itu merupakan kenyataan yang akan terjadi dan ia percaya. Karena iman, kita percaya bahwa alam semesta dijadikan oleh firman Tuhan, kita tidak melihat prosesnya tapi itu adalah kenyataan. Karena iman pula kita dikenan oleh Allah, karena tetap mempercayai Dia yang tidak kelihatan tapi menjadi kenyataan dalam hidup ini bahwa Ia ada. Karena iman pula kita bisa mempunyai dasar untuk berharap pada semua janji Allah dan jawaban doa yang belum terlihat namun merupakan kenyataan bahwa kita telah menerimanya. #passionateheintje.blogspot.com
Ibrani 11:3 "Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT