Devotion 50: FIRMANNYA DIUKIR DI DALAM HATI

Devotion 50
Dr. Heintje Kobstan
FIRMAN-NYA DIUKIR DI DALAM HATI
Bacaan: Ibrani 8

Dalam pasal sebelumnya, Penulis Ibrani mengemukakan keunggulan keimamatan Yesus dibanding Lewi, dipasal ini Penulis Ibrani mengemukakan tentang keunggulan Perjanjian Sinai dan Perjanjian Baru. Bagi orang Yahudi, hukum Musa itu kekal dan tidak akan diganti sampai kesudahannya. Dan ini memang ajaran agama Yahudi. Mereka tidak mau mengakui bahwa dasar agama mereka sementara dalam rencana Allah. Dalam Yeremia 31:32, yang mengatakan bahwa, "bukan seperti perjanjian yang telah Kuadakan dengan nenek moyang mereka pada waktu Aku memegang tangan mereka untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir; perjanjian-Ku itu telah mereka ingkari, meskipun Aku menjadi tuan yang berkuasa atas mereka, demikianlah firman TUHAN." Penulis Ibrani ingin menegaskan bahwa pola agama dan peraturan agama yang diatur dalam perjanjian Musa telah ditinggalkan dan beralih kepada Perjanjian Baru. Dia dengan tegas menyatakan hal ini karena ada godaan untuk meninggalkan Tuhan Yesus dan kembali kepada hukum Taurat dan agama Yahudi.
Walaupun isi kedua hukum itu sama namun kualitas relasi yang dihasilkan berbeda. Hukum Taurat tidak punya kuasa untuk membuat orang bertobat karena hanya tertulis di loh batu sedangkan hukum Perjanjian Baru diukir di dalam hati umat Allah sehingga mereka dimampukan untuk menaati dan menjalani hidup kudus yang berkemenangan.
Kita harus bersyukur kepada Allah di dalam Yesus Kristus. Dia adalah Imam besar yang telah mendamaikan kita dengan Allah melalui pengorbanan diriNya. Oleh karena itu hidup kita sekarang adalah hidup di dalam anugerah Allah. Dan didalam hati kita ini, Ia telah mengukir firmanNya sehingga kita terus didorong untuk merindukan Allah dan melayani Dia. (passionateheintje.blogspot.com)

Ibrani 8:10  "Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT