Devotion 33: DIHORMATI DUA KALI LIPAT

Devotion 33
DIHORMATI DUA KALI LIPAT
Bacaan: 1 Timotius 5

Kata Penatua atau Penilik biasa dipakai dalam jemaat mula-mula. Dua istilah ini mungkin berlatar belakang kebiasaan Yahudi (tiap rumah sembahyang mempunyai tua-tua) dan kebiasaan Yunani (penilik dipakai untuk jabatan pemerintahan kota). Sehingga kata penatua mengacu kepada senioritas dan wibawa, sedangkan penilik pada fungsi penyedia layanan jemaat. Namun keduanya berfungsi dalam tugas penggembalaan jemaat.
Penghormatan dua kali diberikan kepada penatua yang kepemimpinannya baik. Baik dalam kehidupan, pengajaran, karakter dan hubungan dengan sesama dan teristimewa dengan Tuhan. Oleh karena itu seleksi untuk mengangkat penatua harus betul-betul selektif, selain ajaran - gaya hidup - dan karakternya harus benar-benar teruji agar dapat menjadi teladan dan bisa memimpin dengan baik. Bagi penatua yang demikian akan mendapatkan penghormatan dua kali.  Dihormati dua kali memiliki pengertian: honor dan honorarium atau kompensasi (imbalan atas jerih payah biasanya berupa uang). Kata dua kali lipat bukan berarti upah dua kali namun berbicara tentang pembayaran imbalan yang layak atau memadai. Yesaya 40:2 dalam LXX memakai kata yang sama dan mengandung arti "benar-benar sepadan." Penghormatan yang dimaksudkan Paulus adalah segala penghormatan atas semua jerih lelahnya buat jemaat.
Paulus menyuruh Timotius untuk tidak berkompromi terhadap kesalahan penatua. Timotius harus menegor dengan keras di depan jemaat agar supaya mereka bertobat. Oleh karena itu, sebagai penatua yang telah ditetapkan bagi jemaat untuk menggembalakan mereka, hendaknya memimpin dan menjadi pengajar yang baik. Jangan mencari penghormatan karena penghormatan akan datang dengan sendirinya seiring dengan apa yang telah diperbuatnya. Penghormatan tidak datang karena arogansi namun dari keteladanan dan manfaat yang diberikan kepada jemaat lewat posisi sebagai penatua. Sebagai jemaat berikanlah penghormatan, penghormatan dua kali lipat kepada mereka. (HK)

1 Timotius 5:17 "Penatua-penatua yang baik pimpinannya patut dihormati dua kali lipat, terutama mereka yang dengan jerih payah berkhotbah dan mengajar."

#Dr.HeintjeKobstan-Devotion
#passionateheintje.blogspot.com
#STTBlessingIndonesiaMakassar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT