Devotion 60: KESABARAN MENGHASILKAN KEBAHAGIAAN

Devotion 60 - Dr. Heintje Kobstan
"KESABARAN MENGHASILKAN KEBAHAGIAAN"
Bacaan: Yakobus 5

Kurs dollar telah menyentuh level Rp. 14.000 lebih dan ini sangat menguatirkan bagi beberapa kalangan pengusaha yang mengimpor barang dengan memakai dollar. Secara keadaan ekonomi bangsa, kondisi ini tidaklah baik. Perusahaan bisa tutup, karyawan di PHK, pengangguran terjadi, timbul keresahan sosial, kejahatan merajalela, keluarga hancur dan banyak hal bisa terjadi lagi.
Bagi masyarakat luas kondisi ini bisa menghancurkan kehidupan mereka. Namun bagi orang percaya ini adalah saat kita bertekun dalam iman. Ketekunan (Yun. = hupomone) merujuk kepada ketabahan dalam situasi pencobaan tetap berpegang pada Allah. Bersabar dalam menghadapi penderitaan seperti Petani bersabar menunggu saat panen. Dalam penantian itu petani bergantung pada hujan yang merupakan anugerah Allah. Sudah seharusnya kita pun bergantung sepenuhnya kepada Allah.
Mungkinkah penderitaan bisa dihindari? Penderitaan tidak dihindari namun harus dihadapi. Diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam menghadapi penderitaan. Penderitaan akan selalu ada, namun ketika kita sabar dan bertekun serta tidak bersunggut-sunggut maka kita akan bisa melewati penderitaan sebagai ujian dari iman.
Sampai kapan harus bertekun dan bersabar? Sampai Tuhan datang kedua kali. Dalam melatih kesabaran, Yakobus menyuruh kita belajar dari kehidupan Ayub, dalam pemahaman tradisional, Ayub dipandang sebagai nabi. Walaupun semua habis namun ia tetap bertahan dan sabar sampai Tuhan memulihkannya.
Bagi orang-orang jahat yang menyebabkan penderitaan bagi orang benar, keadilan Tuhan akan menghukum hidupnya. Bagi orang sabar dan bertekun menghadapi penderitaan, keadilan Allah akan datang memberikan kebahagiaan dan keselamatan bagi mereka. #passionateheintje.blogspot.com
Yakobus 5:11 "Sesungguhnya kami menyebut mereka berbahagia, yaitu mereka yang telah bertekun..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT