Devotion 37: KESETIAAN TERHADAP IMAN

Devotion 37
KESETIAAN TERHADAP IMAN
Bacaan: 2 Timotius 3

Keadaan manusia pada hari-hari terakhir akan semakin mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Dan hal ini akan menyebabkan kesetian terhadap iman semakin merosot. Bukan hanya itu saja, dalam surat ini Paulus menggambarkan kehidupan orang-orang yang munafik. Mereka bukanlah orang-orang atheis atau penentang kekristenan namun hidup keagamaan mereka merupakan penyangkalan terhadap kuasa iman sehingga hidup mereka bertambah jahat.
Bukan hanya itu saja, setiap orang yang percaya kepada Yesus, cepat atau lambat akan menderita penganiayaan. Penganiayaan bisa saja terjadi bukan dari luar kekristenan, namun dari dalam sendiri. Mereka akan salah paham terhadap iman kita, dikritik, tidak diberi kesempatan untuk bertumbuh dalam iman dan melayani Tuhan, sampai mencoba melukai karena iman kita. Yang penting tetaplah setia mempertahankan iman kita.
Untuk terus mempertahankan kesetiaan terhadap iman, diperlukan juga keteladanan iman dari orang lain. Selain Paulus, Timotius memiliki nenek dan ibunya yang senantiasa hidup mempertahankan iman mereka. Namun lebih daripada itu semua, sumber terbesar dalam mempertahankan kesetiaan iman adalah Firman Tuhan. Ia bukan mitos, dongeng, fabel namun Alkitab sangat bermanfaat untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik orang dalam kebenaran.
Jika kita mempunyai orang-orang yang menjadi teladan iman serta membangun kehidupan diatas dasar kebenaran firman Allah maka kita bisa mempertahankan kesetiaan terhadap iman walaupun nantinya akan didera oleh berbagai penganiayaan. (HK)

2 Timotius 3:12 "Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam Kristus Yesus akan menderita aniaya..."

#Dr.HeintjeKobstan-Devotion
#passionateheintje.blogspot.com
#STTBlessingIndonesiaMakassar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT