Devotion 59: FITNAH BISA MEMBUNUH

Devotion 59 - Dr. Heintje Kobstan
"FITNAH BISA MEMBUNUH"
Bacaan: Yakobus 4

Pernahkah kita mendengar kalimat, "fitnah lebih kejam dari pembunuhan?"... Fitnah bisa membuat seseorang menjadi tertuduh dan terdakwa dan bisa menjadi terhukum bahkan untuk waktu yang lama dan seumur hidup. Fitnah juga bisa membuat perselisihan dan perseteruan bahkan percideraan. Fitnah bisa membuat permusuhan seumur hidup bahkan sampai generasi ke generasi berikutnya.
Fitnah dapat membunuh dalam arti luas seperti membunuh kesempatan bekerja atau berkarya bagi orang lain, menghancurkan profesi seseorang, membuat keluarga berantakan, dll. Sehingga Yakobus memberikan peringatan keras tentang fitnah.
Fitnah seringkali lahir dari kebencian dan dilakukan dengan tujuan memegahkan diri sendiri dan selalu menempatkan diri sebagai orang yang tidak bercela. Lebih membahayakan lagi karena si pemfitnah telah menempatkan dirinya sebagai hakim dan menggantikan Tuhan sebagai satu-satunya hakim dan pembuat hukum. Menempatkam diri sebagai hakim atas sesama dapat dikatakan sebagai suatu kepongahan dimana telah mencela atau menghakimi hukum. Padahal hanya Tuhanlah yang berada diatas hukum. Maka menghakimi sesama berarti mengambil kedudukan Tuhan.
Oleh karena itu, buanglah segala fitnah dalam hidup kita karena tidak ada seorangpun berhak memfitnah dan menyombongkan diri diantara sesama. Ketika kita mulai sombong, berhati-hatilah karena suatu waktu kitapun akan direndahkan Tuhan. Pemfitnah tidak akan mendapat tempat di dalam sorga dan tidak akan disukai orang lain. Bertobatlah! #passionateheintje.blogspot.com
Yakobus 4:11 "Saudara-saudaraku, janganlah kamu saling memfitnah! Barangsiapa memfitnah saudaranya atau menghakiminya, ia mencela hukum dan menghakiminya; dan jika engkau menghakimi hukum, maka engkau bukanlah penurut hukum, tetapi hakimnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT