Devotion 34: IBADAH MEMBERI KEUNTUNGAN?

Devotion 34
IBADAH MEMBERI KEUNTUNGAN?
Bacaan: 1Timotius 6

Konsep ibadah diluar Kristen adalah bahwa ibadah itu akan memberikan keuntungan materialistis. Jadi manusia beribadah agar tuhan melimpahi dengan berkat material dan juga kekayaan sebagai wujud balasan yang wajib tuhan berikab kepada mereka yang rajin beribadah. Sedangkan Kekristenan menganggap ibadah itu sebagai suatu ucapan syukur kepada Allah yang telah memberkati mereka dan sebagai bentuk penyembahan dan pengagungan kepadaNya, tanpa pamrih. Kekayaan itu hanya sebagai berkat yang mencukupkan kita dan bukan tujuan utama.
Dalam pasal ini, Paulus mengingatkan kembali akan adanya pengajaran yang lain. Paulus menunjukkan karakter pengajar lain itu kepada Timotius, yaitu: ajarannya bertentangan dengan ajaran Kristus, sok tahu dengan mencari-cari soal dan suka bersilat kata yang menyebabkan dengki serta percekcokan, mereka tidak lagi berpikiran sehat serta kehilangan kebenaran. Yang terakhir adalah mereka mempunyai motivasi yang materistis yang menganggap ibadah dapat memberi keuntungan.
Dalam konsep ibadah Paulus adalah ibadah akan mendatangkan keuntungan yang besar bila disertai oleh rasa cukup, asal ada makanan dan pakaian cukuplah. Pengajaran lain itu berbicara tentang materialistis dimana keinginan untuk mendapatkan kekayaan akan menjerumuskan mereka kedalam berbagai-bagai persoalan bahkan bisa menenggelamkan manusia kedalam keruntuhan dan kebinasaan. Kehidupan ini adalah ibadah yang ditujukkan dengan rasa puas terhadap semua yang kita miliki, bisa menikmati hidup dengan damai inilah keuntungan besar secara rohani. Keserakahan karena cinta uang atau materi bisa membuat kita menyimpang dari iman dan terbelit berbagai duka. (HK)

1 Timotius 6:6 "Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar."

#Dr.HeintjeKobstan-Devotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT