Devotion 99 - 3 PENCOBAAN

Devotion 99 - Dr. Heintje Kobstan

3 PENCOBAAN

Bacaan: Matius 4

Dalam semua pencobaan yang dilancarkan iblis kepada Yesus bertujuan agar supaya Yesus berdosa kepada Allah. Dengan demikian maka Yesus tidak dapat menebus dosa manusia. Namun ternyata Yesus menang atas semua pencobaan tersebut, maka kita pun akan mengalami kemenangan bersama Dia.

Pencobaan itu meliputi:
1. Pencobaan terhadap kebutuhan hidup. Yesus setelah 40 hari berpuasa maka laparlah Dia (ay.2) dan iblis datang membawa penawaran untuk mengubah batu menjadi roti (ay.3). Roti adalah adalah kebutuhan manusia untuk bisa hidup. Oleh karena pemenuhan kebutuhan hidup ini, tidak jarang banyak orang yang melanggar firman Tuhan, jatuh dalam pelbagai pencobaan. Yesus berkata bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah (ay.4). Kebutuhan hidup manusia yang utama adalah pemenuhan kebutuhan rohani bukan jasmani. Firman Tuhan adalah roti kehidupan dan merupakan kekuatan Allah dan Allah sendiri, itulah yang dibutuhkan manusia.
2. Kekuasaan. Iblis berkata jatuhkanlah diriMu maka malaikat-malaikat akan menatang Engkau (ay.6). Iblis menganjurkan Yesus untuk memamerkan kekuasaanNya karena Ia adalah Anak Allah. Seringkali kita digoda untuk memamerkan kekuasaan dengan motivasi menyombongkan diri agar semua orang tahu siapa kita. Namun dalam hal ini pun Yesus menang (ay.7)
3. Penyembahan. Pencobaan terakhir adalah jika Yesus mau sujud menyembah kepada iblis maka seluruh kerajaan dunia akan diberikan kepadaNya (ay8,9). Manusia jaman modern ini mereka menyembah pada apa yang mereka capai. Mengagungkan semua pencapaiannya dan menganggap itu karena usahanya sendiri bukan Tuhan. Ini ibaratnya kita menyembah kepada iblis bukan Tuhan. Bukan menyembah kepada iblis maka keinginan kita terpenuhi namun penyembahan hanya kepada Allah saja sang pemberi kehidupan.

#passionateheintje.blogspot.com
Matius 4:11 "Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT