Devotion 116 : HOSANNA

Devotion 116 - Dr. Heintje Kobstan
HOSANNA
Bacaan: Matius 21

Disepanjang perjalanan ke Yerusalem orang banyak mengikuti Dia sambil memotong daun palem dan menaruh jubah mereka di jalan dan orang banyak yang berjalan di depan Yesus yang menunggangi seekor keledai betina dan yang mengikuti-Nya dari belakang berseru, katanya: "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!" 

Kata “HOSANA” tentu sudah tidak asing lagi di telinga orang Kristen, tetapi banyak orang yang belum memahami makna sesungguhnya, sehingga kadang diucapkan atau diteriakkan dalam situasi yang kurang tepat atau tidak pada konteksnya. Namun demikian dapatlah dimengerti seiring berjalannya waktu, kalau arti HOSANA sudah bergeser dari yang sebenarnya. Dalam PL, hosanna atau hosyi'ana (ibrani) = doa, tolonglah kami - kami memohon, datanglah membantu, berikanlah keselamatan, bebaskanlah atau bisa dikatakan sebagai seruan, "Ya Tuhan berikanlah kami keselamatan." Namun dalam PB kata hosyi'ana berubah menjadi hosanna dengan arti seruan sukacita dan pujian kepada Tuhan, hiduplah atau terpujilah.
Dalam kisah ini, orang banyak berseru, "Hosana bagi Anak Daud, diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, hosana di tempat yang mahatinggi!" Yang bisa berarti suatu seruan doa pengharapan akan keselamatan kepada Sang Raja dari keturunan Daud yang diiringi dengan sukacita pujian kepada Tuhan. Dalamnya makna hosanna ini bisa diartikan bahwa keselamatan yang dinantikan telah datang dalam diri Yesus Kristus, Dialah Sang Juruselamat itu sehingga mereka menyambut Dia dengan penuh sukacita.

Marilah kita senantiasa dalam hidup ini terus mempercayai dan menaruh pengharapan kepada Yesus Sang Juruselamat dan memberikan pujian pengagungan kepadaNya. Sebab hanya Dia yang berkuasa menyelamatkan kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Matius 21:10 "Dan ketika Ia masuk ke Yerusalem, gemparlah seluruh kota itu dan orang berkata: "Siapakah orang ini?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT