Devotion 120 : NYATAKAN IMANMU LEWAT PERBUATAN

Devotion 120 - Dr. Heintje Kobstan
NYATAKAN IMANMU LEWAT PERBUATAN
Bacaan: Matius 25

Yesus memberikan penggambaran akan adanya pemisahan antara kambing dan domba. Dimana semua bangsa dikumpulkan didepan Anak Manusia dan memisahkan domba kesebelah kanan, yang kambing kesebelah kiri takhta.

Yesus memisahkan domba disebelah kanan adalah karena mereka telah melakukan perbuatan baik kepada yang membutuhkan, tanpa motivasi untuk berharap pengembalian atau balas budi. Apa yang dilakukan oleh para domba ini seperti kepada Yesus sendiri. Pertanyaan: apakah perbuatan baik kita yang membawa kepada keselamatan? Jika kita melihat perikop ini jawabannya ya tetapi kenyataan tidak!
Perikop ini berhubungan dengan perikop-perikop sebelumnya bahkan pasal sebelumnya. Dalam perikop sebelumnya Yesus memberi perumpamaan tentang 5 gadis bodoh 5 gadis bijaksana. Yang bijaksana masuk dalam kebahagiaan tuannya karena mempersiapkan minyak untuk lampunya. Perikop berikutnya tentang talenta, ada yang 5, 2 dan 1. Yang 5 dan 2 mengembangkan talenta itu tapi yang 1 menyimpannya dan kena hukuman. Modal awal para gadis dan pekerja adalah iman kepada tuannya, tuannya pasti kembali. Gadis bijaksana dan yang diberi 5 dan 2 talenta bukan hanya sekedar beriman tapi melakukan bagian selanjutnya yaitu persiapan dan pengembangan. Iman tanpa perbuatan adalah mati.
Bagi domba yang disebelah kanan, mereka adalah orang yang beriman. Perbuatan baik tanpa iman adalah sia-sia, iman tanpa perbuatan pun mati. Para domba adalah mereka beriman kepada Sang Raja tapi imannya ditindaklanjuti dengan perbuatan baik sehingga mereka mendapat bagian disebelah kanan takhta.

Bagi kita orang percaya, kepercayaan itu harus diwujudnyatakan lewat tindakan sehingga iman kita menjadi sempurna. Berbuat baiklah tanpa pamrih maka Tuhan pun akan membalaskannya.

#passionateheintje.blogspot.com
Matius 25:40 "Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT