Devotion 101 : SIFAT YANG BURUK JANGAN DITIRU

Devotion 101 - Dr. Heintje Kobstan
SIFAT YANG BURUK JANGAN DIIKUTI
Bacaan: Matius 5

Beranjak dari pasal ke pasal di kitab Matius, maka dalam pasal ini, Yesus sedang memperingatkan akan keburukan orang Farisi dan Ahli Taurat. Mereka melakukan 2 hal yang dapat mempengaruhi orang percaya, meskipun mereka tidak akui namun nampak dalam ajaran dan praktek hidup mereka. Perilaku buruk ini sudah dikenal luas bahkan dianjurkan juga kepada para pengikut mereka.

Dua perilaku buruk itu, ialah:
1. Kemunafikan.
Tuhan Yesus memberikan peringatan kepada kita agar jangan hidup sebagai orang munafik.
- Munafik dalam memberikan sedekah (ay.1-4) jika kamu memberi dengan tangan kanan maka hendaklah tangan kiri tidak boleh mengetahuinya, namun orang Farisi dan Ahli Taurat melakukannya hanya untuk Ketenaran.
- Munafik dalam berdoa (ay.5-8). Disini Tuhan Yesus sedang mengajar kita tentang cara berdoa, apa yang harus didoakan dan bagaimana harus berdoa (ay.9-13) serta memberikan pengampunan (ay.14-15).
- Dalam berpuasa. (Ay.16-18). Jangan pemer jika sedang berpuasa.
2. Terhadap pikiran duniawi.
- Dalam mengumpulkan harta (ay.19-24). Apa yang menjadi tujuan dan motivasi kita, karena dimana hartamu berada disitu juga hatimu berada.
- Dalam kekuatiran (ay.25-34). Kekuatiran tidak akan menambah sehasta dari jalan hidup kita. Jika kita punya Yesus, maka seharusnya tidak ada lagi rasa kuatir akan hidup ini.

Dalam kehidupan rohani kita, jangan pakai cara-cara orang Farisi dan Ahli Taurat yang suka pamer dalam hal ibadah. Tapi kita sebagai warga kerjaan Allah dituntut untuk punya hubungan intim dengan Bapa disurga, nyata dan bukan sandiwara. Dan apapun yang kita lakukan, harus ditujukan untuk kemuliaan Tuhan bukan untuk dilihat manusia.

#passionateheintje.blogspot.com
Matius 6:1 "Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT