Devotion 118 : NO ACTION, TALK ONLY

Devotion 118 - Dr. Heintje Kobstan
NO ACTION, TALK ONLY
Bacaan : Matius 23

Tidak seperti pasal-pasal yang lain, di pasal ini Yesus begitu mengecam para ahli Taurat dan orang Farisi. Yesus bahkan menyatakan tuduhan secara terbuka kepada mereka.

Yesus tidak pernah berkata keras tentang kelompok manapun kecuali tentang ahli-ahli Taurat dan Farisi di pasal ini. Hal ini dikarenakan perilaku mereka yang sangat bertentangan dengan apa yang mereka ajarkan. Oleh karena itu Yesus berkata, "Sebab itu turutilah dan lakukanlah segala sesuatu yang mereka ajarkan kepadamu, tetapi janganlah kamu turuti perbuatan-perbuatan mereka, karena mereka mengajarkannya tetapi tidak melakukannya." Mereka adalah orang yang sombong, duniawi, sewenang-wenang yang semua dibungkus atas nama agama. Namun ternyata banyak yang menyukai mereka bahkan beranggapan jika ada 2 orang yang masuk sorga, salah satunya pasti seorang Farisi.
Mengapa Yesus bersikap keras kepada mereka? Karena mereka selalu menentang ajaran Yesus dan mempengaruhi banyak orang. Hal ini yang mendorong Yesus menelanjangi karkater dan perbuatan mereka. Sehingga orang banyak tahu siapa mereka dan dengan demikian Ia menghapus prasangka buruk tentang diriNya dan ajaranNya.

Dalam hal ini, kita juga dituntut untuk mengenal watak manusia yang sebenarnya. Sehingga kita tidak terkecoh dengan nama besar, gelar, dan keangkuhan kekuasaan yang berlindung dibalik topeng keagamaan. Yesus pun menyuruh para murid-muridNya agar  menuruti dan melakukan segala sesuatu yang mereka ajarkan, selama mereka masih duduk di kursi Musa. Yaitu selama mereka masih tetap memberitakan firman Tuhan dan tidak membelokkannya. Dan agar kita tetap waspada jangan tersilaukan oleh perbuatan mereka.

#passionateheintje.blogspot.com
Matius 23:4 "Mereka mengikat beban-beban berat, lalu meletakkannya di atas bahu orang, tetapi mereka sendiri tidak mau menyentuhnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT