Devotion 546 : BUKAN HANYA SEKEDAR MONUMEN

Devotion 546 - Dr. Heintje Kobstan
BUKAN HANYA SEKEDAR MONUMEN
Bacaan: Yosua 4

Gereja bukan saja mendirikan monumen tetapi juga harus menghasilkan movement.

Tuhan memberi perintah kepada Yosua untuk mengambil 12 batu dari dasar sungai Yordan, di mana para imam pengangkut tabut berdiri di sungai. Lalu kemudian batu-batu tersebut ditaruh ditempat mereka bermalam. Setelah itu, Yosua menyuruh 12 orang dari tiap suku untuk mengambil batu-batu tersebut dan kemudian mendirikannya. Pula Yosua menegakkan dua belas batu di tengah-tengah sungai Yordan itu, di tempat bekas berjejak kaki para imam pengangkat tabut perjanjian itu. Batu-batu itu masih ada di sana sampai sekarang.

Apa yang telah dilakukan oleh Tuhan di sungai Yordan diabadikan dalam suatu monumen 12 batu. Agar supaya perbuatan ajaib yang dilakukan Tuhan buat Israel juga diketahui oleh generasi selanjutnya. Sehingga ketika mereka bertanya apa maksud dari monumen batu tersebut maka katakan bahwa ketika tabut Tuhan berada di tengah sungai Yordan maka air sungai itu terputus. Dengan monumen ini maka generasi selanjutnya akan tetap hidup dalam takut akan Tuhan dan mengenal kesetiaanNya. Lewat monumen seperti ini, maka perbuatan dan kuasa Tuhan yang ajaib akan terus diberitakan bahkan menimbulkan kegentaran akan Tuhan bagi bangsa-bangsa lain. Tuhan juga membesarkan nama Yosua seperti Musa, karena ia menaati perintah Tuhan dengan tepat. Gereja harus terus mengajarkan tentang perbuatan Tuhan yang ajaib atas umatNya. Gereja janganlah hanya menghasilkan kesaksian tentang Tuhan lewat monumen. Tetapi Gereja yang hidup justru harus menghasilkan movement atau pergerakan agar supaya nama Tuhan dan perbuatanNya yang ajaib terus diberitakan.

Perbuatan Tuhan yang ajaib harus diberitakan turun temurun oleh Gereja baik melalui monumen maupun movement.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 4:22 "maka haruslah kamu beritahukan kepada anak-anakmu, begini: Israel telah menyeberangi sungai Yordan ini di tanah yang kering!"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT