Devotion 531 : KASIH KRISTUS YANG MENYELAMATKAN

Devotion 531 - Dr. Heintje Kobstan
KASIH KRISTUS YANG MENYELAMATKAN
Bacaan: Ulangan 23

Keselamatan dan hidup kekal disediakan kepada mereka yang mau mempercayai Yesus Kristus Tuhan.

Beberapa peraturan dalam pasal ini sepertinya Tuhan bersikap diskriminatif terhadap sebagian orang untuk datang berhimpun padaNya. Seperti, orang yang pecah buah pelirnya, anak haram, Amon dan Moab sampai keturunan ke-10, Edom sampai keturunan ke-2 tidak boleh masuk dalam jemaah Tuhan. Jika kita hanya melihat sepintas maka memang Tuhan bersikap diskriminatif tetapi ternyata ada alasan dibalik pelarangan tersebut.

Orang yang pecah buah pelirnya sangat mungkin berhubungan dengan penyembahan berhala (orang mengebirikan diri sebagai bagian dari ibadah kepada dewa-dewa tertentu). Anak haram disini merupakan hasil dari perbuatan zinah sebagai pelacur bakti atau hasil hubungan orang tua dan anaknya. Amon dan Moab mereka dengan sengaja memusuhi Israel bahkan mengupah Bileam untuk mengutuki Israel. Dalam PL, orang-orang seperti ini tidak boleh menjadi bagian jemaah Tuhan bahkan sampai keturunan ke-10. Budak yang lari dari tuannya jangan dikembalikan lagi. Hal ini menggambarkan mereka yang meninggalkan iblis untuk percaya kepada Yesus. Akan tetapi Yesus Kristus datang kedalam dunia untuk menggenapi hukum Taurat. Setiap yang berdosa dan tidak layak untuk menjadi umat Tuhan, ketika mereka percaya dan menyerahkan hidup kepada Yesus Kristus serta bertobat maka ia pun dilayakkan untuk menjadi anak Allah. Ini semua dikarenakan kasihNya kepada umat manusia, Ia tidak mau umat manusia mati binasa dalam kesia-siaan.

Yesus mengasihi umat manusia dan Ia tidak mau manusia mati binasa, karena itu Yesus menyediakan jalan keselamatan dan kehidupan kekal melalui diriNya sehingga mereka yang percaya padaNya akan diselamatkan.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 23:15 "Janganlah kauserahkan kepada tuannya seorang budak yang melarikan diri dari tuannya kepadamu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT