Devotion 521 : JANGAN ASAL PERCAYA

Devotion 521 - Dr. Heintje Kobstan
JANGAN ASAL PERCAYA
Bacaan: Ulangan 13

Berhati-hatilah terhadap penyesatan yang terselubung melalui tanda-tanda heran, mujizat bahkan setiap nubuatan.

Seringkali kita membaca di surat kabar, media sosial,  melihat televisi, dan mendengar berbagai berita tentang kasus penipuan. Misalnya kasus penipuan menang undian mobil, surat berharga yang tercecer, dan lain-lain yang seolah-olah resmi dan benar tetapi semuanya berakhir pada kerugian bagi mereka yang mempercayainya. Banyak dari mereka yang tertipu karena menganggap itu benar tanpa menyelidikinya terlebih dahulu ditambah desakan ekonomi dan keinginan cepat menjadi kaya. Penipuan bukan saja terjadi dalam kehidupan sehari-hari tetapi juga dalam kerohanian juga.

Israel dituntut sepenuhnya untuk mempercayai TUHAN yang telah membawa mereka keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian. Namun jika Israel tidak berhati-hati maka bisa tersesat oleh bujuk rayu si penipu. Musa memperingatkan Israel agar jangan asal percaya jika seandainya ada seorang nabi atau pemimpi yang memberitahukan suatu tanda atau mengadakan mujizat dan itu terjadi. Melihat bukti itu, kita akan percaya pada diri nabi atau pemimpi dan kemudian mulai mempromosikan tentangnya. Ketika kita sudah mempercayainya maka kita mulai menyetujui dan terpikat pada ajaran penyesatannya yang membawa kita berpaling dari Tuhan, kepada pribadinya ataupun setan. Firman ini memerintahkan Israel menyingkirkan tiga kelompok orang dari bangsa itu, yaitu: 1, para nabi palsu yang mengundang orang untuk sesat. 2, anggota keluarga yang memperkenalkan kesesatan. 3, kelompok orang yang melakukan kesesatan.

Penyesatan bisa terjadi jika kita tidak memiliki pengenalan akan TUHAN yang benar dan bertumbuh serta berakar di dalam Dia.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 13:2 "dan apabila tanda atau mujizat yang dikatakannya kepadamu itu terjadi, dan ia membujuk: Mari kita mengikuti allah lain, yang tidak kaukenal, dan mari kita berbakti kepadanya"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT