Devotion 536 : PERJANJIAN BERKAT ATAU KUTUK, PILIH YANG MANA?

Devotion 536 - Dr. Heintje Kobstan
PERJANJIAN BERKAT ATAU KUTUK, PILIH YANG MANA?
Bacaan: Ulangan 28

Hidup selalu diperhadapkan pada pilihan, pilihlah hidup untuk dikenan Tuhan.

Pasal 26 dan 27 merupakan piagam perjanjian timbal balik antara TUHAN dan umatNya yang ditutup dengan perjanjian berkat dan kutuk. Ketaatan pada Tuhan akan mendatangkan berkat, berkat itu tidak secara langsung diberikan melainkan merupakan akibat dari tindakan hidup umatNya. Mengapa demikian? Dosa telah merusak kehidupan manusia sebagai ciptaan Tuhan yang sempurna. Ada hukum sebab akibat dalam piagam perjanjian menurut kitab Ulangan ini.

Berkat merupakan anugerah Tuhan kepada manusia. Semua manusia menginginkan hidupnya diberkati bahkan berlimpah. Tidak seorangpun yang mau hidupnya terkutuk dan tidak mengalami berkat Tuhan. Apakah piagam perjanjian timbal balik ini masih berlaku sampai hari ini? Hukum dan perjanjian Tuhan kepada manusia bersifat progresif, berkembang seiring perkembangan kehidupan manusia itu sendiri. Anugerah keselamatan diberikan secara cuma-cuma namun anugerah kehidupan harus beriringan dengan ketaatan. Tuhan berkenan kepada mereka yang menaati dan melakukan kehendakNya, sehingga mengakibatkan hidup umatNya diberkati. Sebaliknya, jika kita tidak menaati dan melakukan kehendakNya maka hidup kita tidak akan mengalami perkenanan Tuhan dan hasilnya adalah kutuk. Inilah keadilan Allah bagi umat manusia, yaitu Yesus telah datang dan memberi hidup, hidup didalam kelimpahan. Hanya mereka yang meresponi dan mendengar sungguh-sungguh suara Tuhan dan melakukan kehendakNya yang akan hidup, hidup dalam kelimpahan.

Hiduplah sungguh-sungguh menaati kehendakNya maka hidup kita akan berkenan padaNya.

@passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 28:9 TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT