Devotion 518 : MENAATI DAN MENGASIHI TUHAN

Devotion 518 - Dr. Heintje Kobstan
MENAATI DAN MENGASIHI TUHAN
Bacaan: Ulangan 10

Hiduplah dalam takut akan Tuhan dengan cara menaati hukum-hukumNya.

Tuhan kemudian menyuruh Musa untuk membuat 2 loh batu yang baru sebagai pengganti 2 loh batu yang dipecahkan Musa. Lalu kemudian Musa membawa 2 loh batu itu naik ke atas gunung Sinai, lalu Tuhan menuliskan kembali 10 hukum di loh batu itu seperti yang pertama. 2 loh batu itu kemudian di taruh di dalam tabut perjanjian.  Dengan Tuhan menyuruh Musa membuat 2 loh batu yang baru dan Tuhan menuliskan dekalog itu di 2 loh batu itu serta menyuruh menyimpannya dalam tabut perjanjian, menandakan bahwa Tuhan ingin agar Israel tetap hidup taat dan berpegang pada hukum dan peraturanNya.

Karena peristiwa itu, Tuhan ingin memusnahkan bangsa ini tetapi Musa memohon belas kasihan Tuhan selama 40 hari 40 malam di gunung Sinai. Tuhan tidak memusnahkan mereka asal Israel hidup takut akan Tuhan, dengan cara taat dan berpegang pada hukum-hukumNya, mengasihi Dia yang ditandai dengan beribadah hanya kepadaNya dengan segenap hati dan segenap jiwa. Ia memilih Israel karena hatiNya telah terpikat pada nenek moyang mereka, karena itu Israel harus menaati Allah sepenuhnya bukan dengan cara lahiriah tetapi sikap batiniah yaitu menyunat hati dengan cara membuang segala kekerasan hati mereka. Tuhan tetap mengasihi Israel sampai saat ini bukan karena mereka menyogok Tuhan, tetapi karena perjanjianNya dengan nenek moyang mereka. Karena itu, Israel harus beribadah sungguh-sungguh kepada Tuhan yang telah menjadikan mereka sebagai bangsa yang besar.

Menaati dan mengasihi Tuhan dengan segenap hati dan jiwa kita merupakan respon kita terhadap pemeliharaan Tuhan atas hidup ini.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 10:21 "Dialah pokok puji-pujianmu dan Dialah Allahmu, yang telah melakukan di antaramu perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat, yang telah kaulihat dengan matamu sendiri."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT