Devotion 539 : PERINGATAN TUHAN DALAM NYANYIAN

Devotion 539 - Dr. Heintje Kobstan
PERINGATAN TUHAN DALAM NYANYIAN
Bacaan: Ulangan 31

Firman Tuhan harus tertanam dan bertumbuh subur dalam kehidupan iman orang percaya.

Musa menyadari bahwa sebentar lagi Tuhan akan memanggil dia pulang ke Sorga maka Musa telah mempersiapkan Yosua untuk menggantikannya membawa Israel menyeberang memasuki Kanaan. Walaupun mereka kelak akan menghadapi musuh-musuh yang tangguh tapi jika mereka tetap mempercayai Tuhan maka Tuhan pun akan berperang gantikan mereka.

Di akhir hidup Musa, ia menyelesaikan menulis hukum Taurat lalu memberi perintah agar setiap 7 tahun bertepatan dengan hari raya pondok daun dan pembebasan hutang maka hukum Taurat ini harus dibacakan didepan seluruh rakyat. Supaya seluruh bangsa, mulai dari anak-anak sampai dewasa hidup takut akan Tuhan dan melakukan segala perkataan hukum Taurat. Orang Israel harus belajar akan hukum dan peraturan serta belajar dari masa lalu karena mereka terkenal akan kedegilan dan tegar tengkuknya. Karena itu Musa membuat nyanyian yang diinspirasikan Tuhan agar supaya ketika nyanyian itu dinyanyikan berulang kali akan mempengaruhi kejiwaan bahkan spiritual mereka untuk tetap hidup dalam hukum dan peraturan Tuhan. Lagu ini wajib dinyanyikan karena melalui lagu ini orang Israel bisa belajar dari pengalaman perbudakan sampai kelepasan dan pemeliharaan Tuhan. Lagu ini menjadi saksi dan peringatan antara umat Tuhan dan Tuhan sendiri yang telah melakukan keajaiban bagi umatNya. Sebagai umat Tuhan, belajarlah firman Tuhan dan melakukannya serta selalu menyanyikan lagu-lagu yang berisi firman Tuhan agar iman kita bertumbuh kuat menghadapi segala tantangan kehidupan.

Memperkatakan firman lewat menyanyikannya dalam sebuah lagu akan membangkitkan iman kita pada Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 31:19 "Oleh sebab itu tuliskanlah nyanyian ini dan ajarkanlah kepada orang Israel, letakkanlah di dalam mulut mereka, supaya nyanyian ini menjadi saksi bagi-Ku terhadap orang Israel."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT