Devotion 543 : KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU

Devotion 543 - Dr. Heintje Kobstan
KUATKAN DAN TEGUHKANLAH HATIMU
Bacaan: Yosua 1

Janganlah takut dan gentar dalam menghadapi kehidupan karena Tuhan beserta umatNya.

Setelah Musa meninggal maka tongkat kepemimpinan di serahkan kepada Yosua. Tuhan pun memerintahkan Yosua untuk,  "bersiap dan seberangilah sungai Yordan ini, engkau dan seluruh bangsa ini, menuju negeri yang akan Kuberikan kepada mereka, kepada orang Israel itu. Setiap tempat yang akan diinjak oleh telapak kakimu Kuberikan kepada kamu, seperti yang telah Kujanjikan kepada Musa." Yosua harus mengemban tugas yang berat untuk memimpin Israel memasuki tanah perjanjian.

Mengapa Tuhan berkata kepada Yosua, "kuatkan dan teguhkanlah hatimu, sebab engkaulah yang akan memimpin bangsa ini memiliki negeri yang Kujanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka untuk diberikan kepada mereka." Musa merupakan pemimpin yang karismatik dan dikagumi oleh orang Israel sehingga ia merasa ragu apakah Israel akan menerima dia sebagai pemimpin mereka. Yosua juga ragu apakah ia dan Israel sanggup menaklukkan tanah perjanjian itu. Karena itu, Tuhan menegur Yosua dan memberikan dorongan agar supaya Yosua mengenakan otoritas yang Tuhan telah berikan. Dengan janji dan kuasa Tuhan yang menyertai seharusnya Yosua tidak takut dan gentar hatinya untuk maju bersama Tuhan. Seringkali kita sebagai manusia merasa takut dan gentar untuk mengambil tanggung jawab kepemimpinan dan juga untuk memasuki suatu wilayah kerja, usaha atau pelayanan yang sama sekali baru. Tetapi ketahuilah, ketika kita berjalan dalam rencana Tuhan maka Tuhan akan menyertai dan memberikan kemenangan serta keberhasilan.

Jangan takut dan gentar untuk berjalan dalam kehendak Tuhan karena Ia sendiri akan selalu menyertai langkah-langkah hidup kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Yosua 1:9 "Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT