Devotion 523 : KASIH DAN KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA

Devotion 523 - Dr. Heintje Kobstan
KASIH DAN KEPEDULIAN TERHADAP SESAMA
Bacaan: Ulangan 15

Tunjukkanlah kasih dan kepedulian kepada sesama.

Israel merupakan umat pilihan Tuhan, yang merupakan umat kesayanganNya. Berbagai peraturan Tuhan berikan agar Israel menaatiNya, bukanlah untuk mengekang mereka tetapi untuk menjaga ketertiban hidup dalam hubungan pribadi dengan Tuhan, bermasyarakat dan bernegara. Peraturan-peraturan tersebut juga membuat perbedaan antara Israel dan bangsa-bangsa lain, dimana lewat itu semua Tuhan menyatakan kekudusan dan pemeliharaan atas umatNya.

Kasih dan kemurahan Tuhan ditunjukkan lewat pemeliharaanNya yang telah memberkati dan membebaskan Israel dari perbudakan. Namun masih ada orang Israel hidup dalam kekurangan sehingga mereka pun berhutang kepada mereka yang mapan. Bahkan ada juga yang menyerahkan diri mereka menjadi budak bagi sesamanya. Sehingga Tuhan memberikan peraturan tentang penghapusan hutang dan pelepasan budak Ibrani di tahun ketujuh. Inilah cara TUHAN untuk memelihara orang-orang miskin di antara mereka. Karena orang-orang miskin akan selalu ada di dalam negeri itu, maka umat Tuhan harus membuka tangan lebar-lebar bagi saudaranya yang tertindas dan miskin. Jika umat Tuhan menaati perintah ini dengan sukacita dan rasa syukur maka Tuhan pun akan melimpahkan berkat dalam segala pekerjaan dan usaha umatNya, karena Tuhan tidak pernah berhutang kepada mereka yang memperhatikan orang miskin. Ketidakpedulian terhadap sesama selalu seiring dengan keserakahan, yang pada intinya adalah penyembahan berhala materi.

Kekristenan diajar untuk menghargai dan mengasihi sesama seperti yang telah diteladankan Bapa di Sorga yang mengasihi manusia dengan memberikan Yesus Kristus, AnakNya yang tunggal.

#passionateheintje.blogspot.com
Ulangan 15:15 "Haruslah kauingat, bahwa engkau pun dahulu budak di tanah Mesir dan engkau ditebus TUHAN, Allahmu; itulah sebabnya aku memberi perintah itu kepadamu pada hari ini."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT