Devotion 481 : ANUGERAH ALLAH YANG MENYERTAI UMATNYA

Devotion 481 - Dr. Heintje Kobstan
ANUGERAH ALLAH YANG MENYERTAI UMATNYA
Bacaan: Bilangan 9

Anugerah Allah yang menyelamatkan akan selalu menyertai umatNya yang setia melakukan ketetapan firmanNya.

Paskah yang asli dilaksanakan Israel ketika mereka keluar dari Mesir, yaitu pada bulan pertama (abib). Kini bangsa itu merayakan Paskah (pesah) pertama, diawali pada hari keempat belas dari bulan pertama pada tahun kedua. Tujuan pasal ini bukanlah untuk mengisahkan peristiwa Paskah tetapi ketetapan bagi orang-orang yang tidak mampu melaksanakan peringatan Paskah itu. Seluruh umat Tuhan diwajibkan untuk merayakan paskah pada waktunya karena peristiwa itu sangat dahsyat dan bersejarah dan yang mengabaikan paskah akan dibuang dari bangsa itu.

Dengan merayakan Paskah umat diingatkan bahwa karya pembebasan dari Mesir bukan karya mereka, melainkan Allah. Demikian juga, perjalanan menuju tanah perjanjian merupakan karya anugerah Allah untuk mereka. Paskah yang terlambat satu bulan itu memiliki alasan yang sah. Pada hari terakhir dari Paskah bulan kedua inilah awan mulai terangkat dari Kemah Suci dan bangsa itu mulai mempersiapkan diri untuk meneruskan perjalanan. Demikian juga, perjalanan menuju tanah perjanjian, serta nantinya penaklukan dan pendudukan tanah perjanjian, merupakan karya anugerah Allah untuk mereka. Kita harus menyadari bahwa inisiatif ada di tangan Allah, bukan keinginan manusia. Tiang awan dan tiang api kini kembali hadir untuk menuntun mereka maju terus ke tanah perjanjian. Inilah wujud anugerah Allah yang menyelamatkan dan menuntun umatNya.

Peringatan akan karya keselamatan Yesus Kristus bagi umatNya harus terus diadakan sebagai wujud syukur atas anugerah Tuhan yang menyelamatkan. Peringatan ini juga menyatakan bahwa Tuhanlah yang memimpin kehidupan umatNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 9:17 "Dan setiap kali awan itu naik dari atas Kemah, maka orang Israel pun berangkatlah, dan di tempat awan itu diam, di sanalah orang Israel berkemah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT