Devotion 480 : MENGEJAR POSISI ATAU BERFUNGSI?

Devotion 480 - Dr. Heintje Kobstan
MENGEJAR POSISI ATAU BERFUNGSI?
Bacaan: Bilangan 8

Jangan hanya mengejar jabatan dalam gereja sebagai pencapaian status sosial tetapi tidak berfungsi membangun tubuh Kristus.

Tuhan telah memilih suku Lewi untuk melayani Tuhan dan ini telah menjadi ketetapan Tuhan tidak bisa diubah.. Tetapi sebelum orang Lewi di tahbiskan, Tuhan memperingatkan kepada Harun agar memastikan lampu pada kandil yang terletak di ruang kudus tetap menyala dan menerangi bagian depan, yaitu meja roti sajian. Hal ini menjadi peringatan bagi Harun agar supaya memelihara ritual ibadah di kemah suci. Lampu di dalam Alkitab bisa dipakai untuk melambangkan firman Tuhan. Lampu bisa juga melambangkan terang berkat kehidupan dari Allah yang menyinari terus menerus kedua belas suku Israel yang dilambangkan dengan dua belas roti sajian.

Sebagai suku yang dikhususkan untuk melayani Tuhan, suku Lewi harus melalui tahapan ritual khusus. Tuhan meminta agar mereka ditahbiskan dengan percikan air penghapus dosa, dan mempersembahan korban penghapus dosa. Pentahbisan orang Lewi adalah proses penyerahan mereka kepada Tuhan sebab mereka adalah milikNya. Ditegaskan ulang bahwa kaum Lewi ini merupakan pengganti dari setiap anak sulung suku-suku Israel,  supaya tidak merasa pekerjaan mereka sepele karena yang mendapatkan hak untuk terlibat langsung dalam ritualnya hanyalah keturunan Harun. Tuhan juga menetapkan masa kerja bagi mereka yaitu sejak mereka berumur dua puluh lima tahun sampai lima puluh tahun. Setelah itu mereka masih boleh membantu di Kemah Pertemuan.

Semua orang yang percaya adalah pelayan Tuhan, wajib memelihara pelitanya agar tetap bercahaya. Sehingga menjadi pelayan  yang penting bukan mengejar jabatan, tetapi menjalankan fungsinya untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan dan pembangunan tubuh Kristus.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 8:18 "Maka Aku mengambil orang Lewi ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel,"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT