Devotion 484 : MANUSIA TIDAKLAH SEMPURNA

Devotion 484 - Dr. Heintje Kobstan
MANUSIA TIDAKLAH SEMPURNA
Bacaan: Bilangan 12

Kelemahan seseorang bisa dipakai Tuhan mewujudkan rencanaNya jika ia mau diproses oleh Tuhan.

Setiap manusia memiliki kelemahan yang menunjukkan bahwa manusia tidaklah sempurna. Dalam ketidaksempurnaan itu Tuhan tetap bisa menyatakan karyaNya melalui manusia untuk mewujudkan rencanaNya. Tetapi kelemahan manusia bisa menjadi celah untuk dipergunakan secara negatif oleh sesamanya. Hal negatif itu bisa berupa olokan, gosip bahkan menghancurkan karakter seseorang. Begitulah yang terjadi pada Musa, sebagai seorang pemimpin.

Kelemahan Musa adalah ia mengambil seorang perempuan Kusy untuk menjadi istrinya dan terlalu dominan dalam kepemimpinan. Miryam dan Harun memanfaatkan hal ini untuk mengusik kehidupan pribadi Musa dan menyerang kepemimpinan Musa. Sebenarnya motivasi Miryam sebagai otak pemberontakan ini adalah karena iri hati. Miryam dan Harun merasa memiliki karunia yang sama dengan Musa tetapi Musalah yang telah ditetapkan Tuhan untuk menjadi pemimpin. Iri hati ini merupakan tanda ketidakmengertian akan kedaulatan dan rencana Tuhan bahwa Tuhan dapat memakai siapa saja untuk memimpin umatNya. Iri hati juga merupakan tanda ketidakdewasaan rohani seseorang. Dan semua orang percaya dipanggil dan ditetapkan dengan tugas serta fungsi yang berbeda untuk membangun tubuh Kristus. Umat Tuhan yang suka mengacau adalah mereka yang tidak berfungsi sesuai panggilanNya. Musa hanya berdiam diri saja tetapi Tuhan membelanya bukan pembelaan atas kelemahannya tetapi penegakkan akan kedaulatanNya sendiri.

Kesempurnaan dan kedewasaan rohani seseorang tidaklah ditentukan dengan berbagai aktifitas rohani tetapi oleh perubahan pola pikir dan karakter yang mau dibentuk oleh Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 12:8 "Berhadap-hadapan Aku berbicara dengan dia, terus terang, bukan dengan teka-teki, dan ia memandang rupa TUHAN. Mengapakah kamu tidak takut mengatai hamba-Ku Musa?"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT