Devotion 467: IBADAH YANG KUDUS

Devotion 467 - Dr. Heintje Kobstan
IBADAH YANG KUDUS
Bacaan: Imamat 22

Ibadah yang kudus, yang diselenggarakan oleh para imam dan umat Tuhan yang kudus akan mendatangkan perkenan Tuhan.

Kekudusan memang menyangkut individu yaitu individu yang dikuduskan dalam melakukan peribadatan. Peribadatan merupakan aktifitas antara para imam dan umat Tuhan. Pada pasal sebelumnya berbicara tentang kekudusan seorang imam, maka hari ini kita membaca tentang kekudusan imam yang didasarkan pada hubungan antara imam dan umat Tuhan. Kita harus belajar bahwa Allah tidak main-main menuntut kekudusan para imam. Imam adalah penyelenggara ibadah karena itu tugas yang harus dijalankan para imam adalah tugas yang kudus.

Perintah Tuhan dengan tegas mengatur tata cara persembahan korban atau ibadah yang dilakukan oleh Harun dan anak-anaknya. Ayat-ayat ini memberikan hal-hal yang dapat menajiskan imam. Para imam harus menjaga diri dari hal-hal tersebut karena merekalah penyelenggara ibadah. Jika kehidupan mereka tidak kudus apalah artinya suatu ibadah dan Tuhan pun tidak akan berkenan pada ibadah korban tersebut. Namun sebagai umat Tuhan juga dituntut untuk menjaga kekudusan mereka. Sehingga Tuhan pun perlu memberikan ketetapan kepada umat Tuhan sehubungan dengan ibadah korban. Setiap pelanggaran terhadap peraturan ini membuat orang Israel dianggap turut bersalah dan harus menebus kesalahan itu. Maka tanggung jawab menjaga kekudusan persembahan adalah tanggung jawab bersama imam dan umat.

Di dalam kekudusan terdapat integritas yang akan menghindarkan seorang imam dari motivasi dan tata cara peribadatan yang tidak kudus. Pihak umat juga dituntut adanya loyalitas dalam mengikuti ketentuan Tuhan. Sehingga mereka melakukan ibadah tepat seperti yang dikehendaki Tuhan yaitu ibadah yang kudus.

#passionateheintje.blogspot.com
Imamat 22:32 "Janganlah melanggar kekudusan nama-Ku yang kudus, supaya Aku dikuduskan di tengah-tengah orang Israel, sebab Akulah TUHAN, yang menguduskan kamu,.."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT