Devotion 475 : DIKHUSUSKAN UNTUK MELAYANI

Devotion 475 - Dr. Heintje Kobstan
DIKHUSUSKAN UNTUK MELAYANI
Bacaan: Bilangan 3

Tidak semua orang terpanggil melayani di rumah Tuhan, tetapi semua orang dipanggil untuk melayani Tuhan dimanapun mereka berada dalam keseharian mereka.

Suku Lewi dikhususkan Allah untuk melayani di kemah suci. Walaupun sudah ada Musa, yang merupakan seorang pemimpin bagi mereka, baik spiritual maupun "sekuler"; namun kehidupan rohani bangsa Israel harus mendapatkan perhatian dan ditangani secara serius. Dan juga Eleazar dan Itamar ditahbiskan menjadi imam meskipun Harun ayah mereka masih hidup. Sistem regenerasi dalam pelayanan telah diterapkan Allah pada waktu itu.

Kaum Lewi ditugaskan melayani imam Harun dalam perawatan perabotan kemah suci dan mengerjakan tugas-tugas bagi orang Israel. Kaum awam tidak diperkenankan untuk terlibat dalam tugas mereka. Kaum Lewi menjadi milik Tuhan, sama seperti anak-anak sulung merupakan kepunyaan Allah. Kaum Lewi mengganti anak-anak sulung orang Israel sebagai peringatan akan peristiwa kematian anak sulung di Mesir. Mengapa anak sulung? Karena itu merupakan anugerah Tuhan yang pertama dan utama kepada umatNya dan merupakan yang terbaik yang harus dipersembahkan kepada Tuhan. Sehingga Tuhan menyuruh menghitung jumlah anak sulung orang Israel yang akan digantikan oleh suku Lewi dalam pelayanan di kemah suci. Kata depan tahat, "ganti," sering kali dipakai di dalam Perjanjian Lama untuk mengungkapkan "pengganti" (Kej. 22:13). Pengertian "pendamaian pengganti" merupakan kebenaran yang sudah lama dikenal orang Israel, dan ini sebagai gambaran dari Anak Sulung agung, yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Pada masa kini, semua orang dipanggil untuk melayani Tuhan, baik sebagai imam di rumah Tuhan atau dalam membangun Kerajaan Allah di market place.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 3:45 "Ambillah orang Lewi ganti semua anak sulung yang ada pada orang Israel, juga hewan orang Lewi ganti hewan mereka, supaya orang Lewi itu menjadi kepunyaan-Ku; Akulah TUHAN."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT