Devotion 464 : KEKUDUSAN ADALAH ANUGERAH ALLAH

Devotion 464 - Dr. Heintje Kobstan
KEKUDUSAN ADALAH ANUGERAH ALLAH
Bacaan: Imamat 19

Kekudusan merupakan karakter Allah dan kita umatNya sedang berproses dalam anugerahNya yang menguduskan menuju pada keserupaan Kristus.

Agama merupakan usaha manusia untuk bertemu dengan Tuhan. Agama menciptakan standar kekudusannya sendiri dalam konteks usaha manusia agar layak bertemu Tuhan. Kalimat "Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus" seringkali dimengerti sebagai keharusan bagi manusia untuk menguduskan dirinya dengan usaha sendiri agar bisa menyamai Allah yang kudus. Tetapi manusia tidak bisa menggapai kekudusan yang sama dengan Tuhan. Sebenarnya proses menjadi kudus ini bukanlah usaha manusia melainkan anugerah Allah. Allah itu kudus, maka umat-Nya juga akan menjadi kudus, atau lebih tepatnya, umat disertai oleh Tuhan untuk berproses menjadi kudus. Setiap orang percaya dikuduskan melalui darah Anak Domba Allah, yaitu Yesus Kristus sendiri.

Kekudusan hidup umat Tuhan seharusnya melingkupi, 1. Kekudusan dalam hubungan antara Tuhan dan manusia, sebab tanpa kekudusan maka tidak ada seorangpun berkenan kepadaNya. 2. Kekudusan dalam kehidupan pribadi, yaitu kehidupan yang tidak tercemar oleh berbagai kenajisan dosa. 3. Kekudusan dalam hubungan dengan sesama. Kekudusan ini berbicara tentang hubungan suami istri, anak orang tua, dan kehidupan sosial kemasyarakatan. Tidak melakukan pencurian, korupsi, pemerasan, tipu muslihat, ketidakadilan, mengutuki, membawa fitnah, mengosipkan orang lain, dendam, kebencian, pembalasan, perzinahan, penyembahan berhala dan berbagai hal lainnya yang melanggar perintah Tuhan yang akan membuat umat menodai kekudusanNya. Hidup kudus berarti hidup yang mewujudkan karakter kudus Allah dalam seluruh aspek kehidupan sehingga tidak ada pembedaan rohani dan sekuler.

Kekudusan merupakan anugerah Allah lewat pengorbanan Kristus, hidup kita dikuduskan olehNya sehingga kita menggenapi pernyataan, "Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus." 

#passionateheintje.blogspot.com
Imamat 19:2 "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT