Devotion 458 : DOSA DAN PENULARANNYA

Devotion 458 - Dr. Heintje Kobstan
DOSA DAN PENULARANNYA
Bacaan: Imamat 13

Kekristenan bisa dengan mudah tertular kebiasaan berdosa karena mengikuti cara dunia.

Kata "kusta" dalam pengertian orang Ibrani di zaman dahulu mencakup berbagai penyakit kulit atau penyakit pada bagian luar tubuh. Istilah "kusta" termasuk pula jamuran pada pakaian atau dinding. Di kitab Imamat, kata yang dipakai untuk menyebut penyakit pada kulit (seperti: jamuran, dll.) dan tanda-tanda penyakit kulit di pakaian atau alat rumah tangga menggunakan kata yang sama. Keadaan yang disebut terkena kusta (sãra'at) di dalam pasal ini dan pasal berikutnya tidaklah sepenuhnya sama dengan penyakit yang dikenal dengan nama ini sekarang. Hal ini menunjukkan satu faktor yang sama, yaitu penularan yang cepat.

Selama musim penghujan, kelembaban yang amat tinggi terjadi di daerah pesisir dan di sekitar Danau Galilea. Sehingga jamur atau bakteri lebih mudah menyebar di antara manusia, khususnya melalui pakaian yang dipakai oleh mereka yang terkena penyakit kusta. Hanya para imam berhak menentukan apakah "penyakit kusta" ada atau tidak, sudah sembuh atau belum: mereka juga menetapkan tindakan yang harus diambil untuk mencegah "penyakit" menular itu. Sama seperti orang sehat bisa tertular penyakit kulit karena memakai pakaian atau alat yang mengandung penyakit tersebut, demikian pula orang Kristen bisa tertular kebiasaan dosa jika meniru cara dunia. Jangan pandang enteng pengaruh dunia terhadap kerohanian kita. Terus perkuat iman percaya pada Tuhan melalui firmanNya yang akan membuat kita bertahan tidak tertular kebiasaan dunia.

Dunia dan sistemnya sedang menebar pengaruhnya melalui berbagai media supaya anak Tuhan bisa terkontaminasi dalam dosa dan mengalami kemunduran iman.

#passionateheintje.blogspot.com
Imamat 13:59 "Itulah hukum tentang kusta yang ada pada pakaian bulu domba atau lenan atau pada benang lungsin atau pada benang pakan atau pada setiap barang kulit, untuk menyatakan tahir atau najisnya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT