Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

Devotion 482 - Dr. Heintje Kobstan
BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA
Bacaan: Bilangan 10

Berjalan dalam pimpinan Tuhan adalah berjalan dituntun oleh firmanNya.

Tuhan memberikan tiang awan yang merupakan tanda penyertaan dan pimpinanNya atas umatNya. Selain tiang awan, maka Tuhan menyuruh Musa untuk membuat dua nafiri dari perak untuk memberikan tanda atau komando bagi umatNya. Sebelumnya, nafiri yang telah dikenal oleh Israel adalah dari tanduk kambing jantan tapi yang dibuat sekarang adalah jenis nafiri yang sama sekali berbeda. Hãsõsrõt ini terbuat dari perak, dilukiskan di sumber-sumber luar Alkitab sebagai berbentuk pipa panjang yang ujungnya melebar. Sejak saat itu, orang Ibrani memakai alat khusus ini sebagai "ketetapan untuk selama-lamanya," untuk maksud-maksud kudus saja.

Nafiri dipakai Tuhan untuk memudahkan menyatukan gerak umat Israel, baik dalam perjalanan di padang gurun, dalam peperangan maupun dalam kehidupan beribadah. Nafiri tersebut tidak asal ditiup tetapi ditiup dengan peraturan atau tanda semboyan yang kemudian harus dipatuhi oleh umat Tuhan. Hal ini menunjukkan bahwa umat Tuhan tidak berjalan dalam kehendak mereka sendiri tetapi dalam kehendak Tuhan yang telah mengatur jalan hidup mereka. Nafiri dengan tanda dan semboyan merupakan suara Tuhan yang menuntun langkah umatNya. Umat Tuhan yang meresponi suara nafiri tersebut akan dipimpin berjalan menuju ke tanah perjanjian yang telah disiapkan Tuhan. Masa kini, semboyan nafiri adalah firman Tuhan yang selalu berbicara baik melalui Alkitab yang kita baca secara rutin atau juga melalui khotbah dan renungan yang mengingatkan umatNya untuk berjalan dalam kehendakNya.

Biarlah telinga rohani kita dipertajam untuk mendengar suaraNya sehingga kita dapat berjalan dengan ketaatan dalam pimpinan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Bilangan 10:2 "Buatlah dua nafiri dari perak. Dari perak tempaan harus kaubuat itu, supaya dipergunakan untuk memanggil umat Israel dan untuk menyuruh laskar-laskarnya berangkat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

PENJILAT