Devotion 904 : SAMPAI PADA MASA TUA

Devotion 904 - Dr. Heintje Kobstan
SAMPAI PADA MASA TUA
Bacaan: Mazmur 71

Daud menuliskan mazmur ini di masa tuanya yang merupakan rintihannya karena mengalami berbagai perasaan negatif. Suasana hati dipengaruhi emosi yang turun naik karena berbagai kemerosotan fungsi tubuh. Pemazmur yang berada dalam usia lanjut dan telah kehilangan kekuatan fisiknya. Daya ingat dan konsentrasi juga mengalami penurunan. Belum lagi para musuh, baik dari dalam yaitu Absalom anaknya sendiri ataupun dari luar, Syeba yang mengadakan perlawanan melawannya. Sebab telah dinubuatkan bahwa pedang tidak akan jauh-jauh dari keluarganya. Akan tetapi, Daud tidak terlalu memperinci perkaranya sendiri dalam mazmur ini.
Ada dua hal umum yang diungkapkan Daud dalam mazmur ini, yaitu supaya dia tidak mendapat malu, dan supaya lawan-lawan serta para penganiayanyalah yang mendapat malu.

Masa tua memang telah menggerogoti fisik Daud namun bagaimanakah dengan kehidupan imannya pada Tuhan? Walaupun Daud mengalami masa tua tetapi vitalitas imannya tetap kuat. Latihan iman yang telah dilakukan Daud sejak masa muda yang melewati segala ujian kehidupan itulah yang menopang tubuh rohaninya tetap stabil dan bugar. Sejak dari muda bahkan dari kandungan ibunya, Daud telah menaruh harapan harapan dan membangun kepercayaan kepada Allah. Karena itu, di usia tua pun Daud tetap menaruh pengharapan pada Tuhan yang akan selalu melindungi dan melepaskannya dari para musuh. Perjalanan iman Daud tidak dilakukan dalam waktu yang singkat, tetapi sejak dalam kandungan. Ia telah mengalami kehidupan jatuh bangun bersama Tuhan. Dan Tuhan telah mengajarnya sejak ia kecil sehingga di masa tua ia dapat menyatakan bahwa "aku senantiasa mau berharap dan menambah puji-pujian kepada-Mu; mulutku akan menceritakan keadilan-Mu dan keselamatan yang dari pada-Mu sepanjang hari, sebab aku tidak dapat menghitungnya." Dalam mazmur ini juga Daud mengingatkan kepada kita bahwa kasih setia Tuhan tidak akan pernah berubah walau kita telah menjadi tua. Sampai masa tua pun, Tuhan tetap menggendong dan menjaga kehidupan kita. Karena itu sebagai orang tua, didiklah generasi ini sejak masa kecil dalam takut akan Tuhan. Namun didikan itu harus dimulai dengan menjadi teladan dalam hidup takut akan Tuhan. Bangunlah kehidupan imanmu sejak dari muda supaya engkau tidak kehilangan pengharapan dan keyakinan pada Tuhan di masa tua karena kasih setiaNya tidak akan pernah berubah sepanjang masa.

TUHAN akan tetap menunjukkan kasih setiaNya sampai pada masa tuamu dan IA tak akan pernah meninggalkan mereka yang menaruh harapan dan keyakinannya padaNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 71:5 "Sebab Engkaulah harapanku, ya Tuhan, kepercayaanku sejak masa muda, ya ALLAH."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 23'01'18 : Keluaran 16 ~ 18

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT