Devotion 908 : TUHAN YANG MENINGGIKAN

Devotion 908 - Dr. Heintje Kobstan
TUHAN YANG MENINGGIKAN
Bacaan: Mazmur 75

Menurut beberapa penafsir, mazmur ini dituliskan setelah Daud menjadi raja. Tidak diketahui dengan pasti apakah Asaf mengubah mazmur ini berdasarkan pidato Daud saat ia naik takhta atau Daud yang menulis mazmur ini dan kemudian memberikan kepada Asaf untuk dinyanyikan. Namun mazmur ini diawali dengan perasaan ucapan syukur kepada Tuhan, karena perbuatan tangan Tuhanlah sehingga Daud menjadi raja. Bukan hanya Daud yang mengucap syukur, tetapi semua teman-temannya juga. Mereka ini adalah yang telah bersama-sama Daud menghadapi masa-masa sukar dan akhirnya bersama-sama pula dapat bersukacita.

Namun mazmur ini lebih daripada hanya mengucap syukur tetapi juga berupa firman Allah menggambarkan penghakiman ilahi atas orang fasik. Tidak ada seorangpun yang terluput dari padanya dan tidak ada sesuatunya yang dapat menghalangi penghakiman itu. Pemazmur mengajak kita untuk menyadari peran Tuhan sebagai Hakim atas alam ini yang akan mengokohkan penghakiman, sehingga kebenaran akan ditegakkan dan kejahatan akan dihancurkan. Bagaimana keadilan Tuhan ditegakkan? Pada waktunya, Tuhan akan menghakimi dunia ini dan orang fasik akan menerima ganjarannya. Tanduk-tanduk mereka akan dipatahkan. Tanduk melambangkan kekuatan, dan sekuat apapun orang fasik itu  tidak ada yang dapat bertahan di hadapan Allah yang Maha Kuasa. Tidak perlu orang benar mempertontonkan kehebatannya sendiri atau mencari pertolongan dari pihak lain, karena Tuhan pasti akan meninggikan mereka pada waktunya. Orang benar harus mengandalkan Tuhan sebagai hakim yang adil yang berarti memercayakan penuh hidup kita ke tanganNya. Dia tidak pernah keliru mengadili dan tidak pernah terlambat membela umatNya. Segala tanduk orang-orang fasik akan dihancurkanNya, tetapi tanduk-tanduk orang benar akan ditinggikan.

Peninggian itu datangnya dari Tuhan, bukan karena usaha, kekuatan, kehebatan kita ataupun karena pertolongan orang lain.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 75:6 "Sebab bukan dari timur atau dari barat dan bukan dari padang gurun datangnya peninggian itu,"

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 29'01'18 : Keluaran 37 ~ 40

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT