Devotion 907 : BERIMAN PADA TUHAN

Devotion 907 - Dr. Heintje Kobstan
BERIMAN PADA TUHAN
Bacaan: Mazmur 74

Setelah bait Allah musnah dan dicemarkan musuh, maka umat Allah membawakan ratapan ini. Dilukiskan bagaimana musuh membakar dan merusak Bait Suci serta tempat-tempat ibadat lain di seluruh negeri. Kehancuran kota dan Bait Suci karena diinvasi oleh bangsa Babel pada tahun 587 SM mengindikasikan bahwa Tuhan telah meninggalkan bangsa ini. Mazmur ini merupakan ekspresi ratapan bangsa Israel waktu menghadapi malapetaka hebat dan seakan Tuhan meninggalkan mereka.

Tetapi apakah Tuhan meninggalkan umatNya? Mazmur ini merupakan mazmur pengajaran sebab mazmur ini ditulis pada masa kesesakan dan dimaksudkan untuk memberi pengajaran. Tuhan tidak pernah meninggalkan umatNya tetapi yang sering terjadi adalah umatNya yang meninggalkanNya. Jadi ketika menghadapi kesesakan, Pemazmur mengingat kembali akan perbuatan Tuhan yang besar dan ajaib dan perjanjianNya atas mereka. Mengingat kembali berarti terjadi pembelajaran melalui pengalaman hidup bahwa ternyata tak sekalipun Tuhan meninggalkan umatNya. Mereka harus mengubah sudut pandang bahwa bukan Bait Allah yang terutama tetapi Tuhan. Fokus iman mereka harus berubah dari bangunan Bait Suci kepada Allah yang hidup atas bangunan itu. Mereka meratapi Bait Allah yang hancur tetapi Allah melebihi Bait Allah itu. Hal-hal yang terjadi di zaman lalu, telah membuktikan keperkasaan dan kedahsyatan Tuhan. Karena itu, iman kita janganlah dibangun atas dasar kenyataan tetapi harus pada Allah yang hidup dan berkuasa. Jika dibangun di atas dasar kenyataan maka kekecewaan, keputusasaan, stress, depresi, akan melilit dan mencengkram iman kita dan pada akhirnya mati. Karena itu bangunlah iman pada Tuhan yang hidup maka akan ada pengharapan, pertolongan, kekuatan dan kepastian masa depan yang cerah.

Masalah dan penderitaan begitu mudah menyerang manusia tetapi mereka yang beriman pada Allah yang hidup akan tetap kuat menghadapi itu semua.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 74:12 "Namun Engkau, ya Allah adalah Rajaku dari zaman purbakala, yang melakukan penyelamatan di atas bumi."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 28'01'18 : Keluaran 34 ~ 36

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT