Devotion 896 : DAHAGA JIWA

Devotion 896 - Dr. Heintje Kobstan
DAHAGA JIWA
Bacaan: Mazmur 63

Setiap manusia pasti pernah mengalami rasa rindu. Entahkan itu rindu pada seseorang yang kita sayangi, keluarga, sahabat, rumah, kampung halaman, dan lain-lain. Bahkan sekarang ini lagi maraknya dengan reunian sekolah, teman-teman yang sudah lama terpisahkan kemudian berkumpul dan bereuni bersama untuk memuaskan rasa rindu tersebut. Mungkin kerinduan yang dialami Daud berbeda dengan manusia lainnya, Daud merindukan Allah. Saat itu, Daud sedang menyelamatkan diri dari kejaran Saul (Mzm.63:1; Sam. 23). Dalam tempat persembunyiannya di padang gurun, ia merasakan kesendirian dan kesepian (Mzm. 63:2).

Kerinduan Daud kepada Allah dilukiskan seperti jiwa yang haus dan tanah kering yang membutuhkan air. Kerinduannya kepada Allah ketika dibuang adalah hilangnya kesempatan untuk menjalankan ketetapan-ketetapan ibadah bersama. Inti dari ketetapan itu adalah perjumpaan dengan Allah di dalam BaitNya yang kudus. Allah yang adalah sumber dari kehidupan yang selalu menyatakan kasih setiaNya kepada Daud. Perjumpaan dengan Allah di Bait Kudus inilah yang selalu dinanti-nantikan Daud di padang gurun. Jauh dari Tuhan membuatnya mengalami perasaan kering dan haus akan jamahan Tuhan. Orang yang seperti inilah yang pernah mengecap perjumpaan ilahi dengan Tuhan. Orang Kristen yang pernah mengalami perjumpaan dengan Tuhan pasti tidak akan pernah untuk meninggalkan persekutuan dengan Allah sumber kehidupan. Keinginan Daud adalah segera keluar dari padang gurun untuk dapat menikmati kekuatan dan kemuliaan Tuhan di Bait yang menggambarkan akan kesempurnaan pribadiNya. Kesan akan perjumpaannya dengan Tuhan itu yang terus membekas karena itu Daud merindukan hal itu lagi. Ia ingin kembali berjumpa dengan Pribadi yang sempurna agar supaya ia pun masuk dalam kesempurnaan. Apakah yang dirindukan orang Kristen jaman "Now"? Berkat, kekayaan, kesehatan atau perjumpaan dengan Kristus? Perjumpaan dengan Kristuslah yang akan sanggup memuaskan dahaga jiwamu.

Manusia mencari cara untuk memuaskan dahaga jiwanya tetapi hanya Tuhanlah yang sanggup memuaskan dahaga jiwamu.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 63:1 "Mazmur Daud, ketika ia ada di padang gurun Yehuda. Ya Allah, Engkaulah Allahku, aku mencari Engkau, jiwaku haus kepada-Mu, tubuhku rindu kepada-Mu, seperti tanah yang kering dan tandus, tiada berair."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 14'01'18 : Kejadian 40 ~ 42

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT