Devotion 888 : PENGKHIANATAN

Devotion 888 - Dr. Heintje Kobstan
PENGKHIANATAN
Bacaan: Mazmur 55

Mazmur ini mengajarkan kita tentang bagaimana menghadapi pengkhianatan dari orang yang terdekat sekalipun. Banyak ahli Alkitab menduga bahwa Daud menuliskan mazmur ini pada waktu pemberontakan Absalom, dan bahwa musuh tertentu yang dibicarakannya di sini, yang mengkhianatinya, adalah Ahitofel. Dia merupakan salah satu penasehat yang terdekat dan terbaik yang dimiliki Daud. Pada waktu itu nasihat yang diberikan Ahitofel adalah sama dengan petunjuk yang dimintakan dari pada Allah; demikianlah dinilai setiap nasihat Ahitofel, baik oleh Daud maupun oleh Absalom. (2Sam.16:33).

Adanya fakta bahwa manusia tidak berdaya menghadapi dan mengatasi sendiri berbagai masalah dalam hidup ini (ay.2-9). Karena itu, baik Daud maupun semua manusia membutuhkan nasihat. Daud seringkali bertanya kepada Ahitofel sang penasihatnya, tetapi pada akhirnya Ahitofel mengkhianatinya dengan bergabung bersama Absalom. Serangan yang datang dari kawan-kawan dekat lebih mematikan sebab mereka tahu kelemahan Daud dengan benar. Karena itu tidak heran jika cara ia memohon kepada Allah nampak seperti mendesak dan memaksa Allah (ay.2-3). Dalam hidup ini, kita tidak dapat pungkiri akan adanya pengkhianatan. Baginya lebih mudah menghadapi musuh dalam peperangan daripada menghadapi pengkhianatan (ay.13). Hal yang sama tentu akan kita rasakan seandainya dikhianati oleh seorang teman dekat, orang yang kita kasihi ataupun orang kepercayaan kita. Daud ketika menghadapi masalah ini, ia pun berseru kepada Tuhan baik pada waktu petang, pagi dan siang hari (ay.18). Ia tidak membalas perbuatan mereka, justru Daud menasihati umat agar menyerahkan kuatirnya kepada TUHAN karena Ia yang akan memelihara hidup umat yang berkenan padaNya (ay.23). Dan apa yang terjadi pada Ahitofel, akhir hidupnya sungguh tragis, ia mati bunuh diri (2Sam.17:23).

Jangan membalas mereka yang berbuat jahat kepadamu. Pembalasan ada di tangan Tuhan sebagai Hakim yang adil.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 55:22 "Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah."

#kingdomdevotion

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 04'01'18 : Kejadian 10 ~ 12

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT