Devotion 891 : KEADILAN DALAM KETIDAKADILAN

Devotion 891 - Dr. Heintje Kobstan
KEADILAN DALAM KETIDAKADILAN
Bacaan: Mazmur 58

Dari judulnya, tampak bahwa kedua mazmur yang mendahului dan mengikuti mazmur sekarang ini ditulis dengan merujuk pada peristiwa penganiayaan. Maksudnya, sebelum Saul dan tentaranya mengejar Daud, ia terlebih dahulu mengadili Daud lewat jalur hukum dan tanpa diberi kesempatan untuk membela diri, Daud didakwa sebagai pengkhianat, oleh mahkamah agung, atau mahkamah pengadilan tinggi, dan kemudian dinyatakan sebagai “qui caput gerit lupinum – penjahat tanpa perlindungan hukum,” yang boleh dibunuh oleh siapa saja dan tidak boleh dilindungi oleh siapa pun (Amyraldus).

Mazmur ini mengacu pada kebencian Saul dan pasukannya dalam melawan Daud, karena di dalamnya ada kata kenangan yang sama (Al-taschith dan Miktam dari Daud) yang juga terdapat pada mazmur sebelumnya dan mazmur sesudahnya. Namun dalam penganiayaan itu, Daud dipelihara oleh Allah (Al-taschith – Jangan memusnahkan). Oleh karena itu, mazmur-mazmur yang digoreskannya pada waktu itu sungguh berharga baginya, (Miktam = perhiasan-perhiasan Daud, - Dr. Hammond). Apa yang ada dalam mazmur ini merupakan pernyataan ketidakadilan para hakim atau penguasa (`èlem. Beberapa penafsir menganggapnya sebagai - hai, para allah = `èlim). Pengadilan yang seharusnya menyatakan keadilan justru menunjukkan ketidakadilan karena pemimpinnya. Di sini diakui bahwa seluruh persoalan ketidakadilan dalam urusan manusia disebabkan sifat jahat yang melekat pada manusia. Sifat jahat yang telah merasuk para penguasa bahkan sejak dari dalam kandungan inilah yang dikecam oleh Daud. Bukan pengadilannya tetapi oknum yang menjalankannya. Tetapi walaupun demikian, Daud menyatakan bahwa dalam ketidakadilan itu, orang benar akan bersukacita karena Tuhan menyelesaikan semua itu dan memberikan keadilan yang sejati.

Walau dunia tidak adil, jangan berhenti untuk percaya dan hidup dalam kebenaran karena pada saatnya Tuhan akan menyatakan keadilanNya dan menghukum ketidakadilan itu.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 58:11 "Dan orang akan berkata: "Sesungguhnya ada pahala bagi orang benar, sesungguhnya ada Allah yang memberi keadilan di bumi."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 07'01'18 : Kejadian 19 ~ 21

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT