Devotion 893 : PENGHARAPAN PADA JANJI TUHAN

Devotion 893 - Dr. Heintje Kobstan
PENGHARAPAN PADA JANJI TUHAN
Bacaan: Mazmur 60

Ketika Daud telah menjadi raja, mazmur ini dibuat sebagai miktam karena merupakan pengalaman terluput dari tangan Aram Mesopotamia dan Aram Zoba. Pengalaman hidup yang dijadikan mazmur ini kemudian harus diajarkan kepada seluruh umat. Mengapa harus diajarkan? Karena dalam mazmur ini Daud mengungkapkan Tuhan meninggalkan (membuang) bangsa Israel dan membiarkan mereka berperang sendiri sehingga mereka mengalami penderitaan berat dan kacau. Pengalaman inilah yang harus diajarkan supaya jangan sampai Tuhan membuang mereka kembali.

Daud mengaku bahwa umat Allah mengalami kekalahan dalam perang karena Allah telah menarik bantuan dan perlindungan ilahiNya. Hal itu terjadi ketika mereka tidak lagi menyenangkan hatiNya dan melakukan kehendakNya. Karena itu Daud mengingatkan kepada seluruh umat Tuhan agar menjadikan Tuhan sebagai satu-satunya tempat perlindungan. Yang berarti Israel harus benar-benar hidup dan melakukan dalam kehendak Tuhan. Mereka harus menjadi umat yang berkenan kepada Tuhan dan hidup dalam pengharapan janji-janjiNya, sebab Tuhan akan meluputkan umat yang dikasihiNya. Bagi Daud, walaupun Tuhan menghukum Israel tetapi kasihNya tetap bagi bangsa ini. Sehingga Daud dapat berdoa dan bersukacita di dalam pengharapan. Kemenangan yang dialami Daud bukan karena ia punya semua kekuatan tetapi karena pengharapannya di dalam Tuhan. “Allah telah berfirman di tempat kudus-Nya" (ay.6) maksudnya, Dia telah memberi janjiNya, telah bersumpah demi kekudusanNya, dan Dia tidak akan berbohong kepada Daud (ps.89:35). Inilah pengharapan kemenangan Daud, "Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita." (Ay.12). Perhatikanlah, bahwa janji Allah adalah dasar pengharapan yang teguh, dan merupakan sumber sukacita yang penuh bagi semua orang percaya.

Janji Tuhan adalah dasar pengharapan yang teguh bagi orang percaya.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 60:12 "Dengan Allah akan kita lakukan perbuatan-perbuatan gagah perkasa, sebab Ia sendiri akan menginjak-injak para lawan kita."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 11'01'18 : Kejadian 31 ~ 33

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT