Devotion 910 : MENGATASI KRISIS IMAN

Devotion 910 - Dr. Heintje Kobstan
MENGATASI KRISIS IMAN
Bacaan: Mazmur 77

Mazmur ini diciptakan waktu keadaan umat Israel susah sekali, yaitu di masa yang menyusul kembalinya umat dari pembuangan. Salah seorang rabi Yahudi pernah berkata bahwa mazmur ini ditulis dalam dialek orang-orang tawanan, dan oleh sebab itu menurut sebagian orang mazmur ini ditulis semasa pembuangan di Babel. Hati Pemazmur sangat tertekan dan ia hampir hilang kepercayaannya kepada Tuhan sebagai pelindung dan penolong umatNya. Krisis seperti inilah yang dialami Pemazmur. Ia mengalami krisis kepercayaan terhadap kasih setia Tuhan. Seluruh imannya sedang dipertanyakan sampai ke akarnya.

Mengapa Pemazmur bisa mengalami krisis iman? Pemazmur merasa Tuhan telah meninggalkannya disaat ia merasa tertekan padahal ia telah berseru-seru pada Tuhan. Bagaimana Pemazmur dapat mengatasi krisis iman yang melanda dirinya? Memang dalam pergumulan itu sesaat sepertinya Pemazmur merasa Tuhan tidak lagi mengasihinya. Ia merasa Tuhan sudah berubah setia, tidak seperti masa lampau. Seorang hamba Tuhan pernah berkata, saat persoalan besar menghadang hidup Anda, fokuskan diri Anda pada Yesus, maka bongkah besar itu akan terlihat kecil. Jika Anda terus menerus melihat masalah, ia akan tampak semakin besar dan Anda akan semakin frustasi menghadapinya. Apa yang dilakukan oleh Pemazmur? Ia tidak larut dalam krisis imannya tetapi ia mengingat kembali dan menceritakan akan perbuatan-perbuatan Tuhan yang besar baik yang telah terjadi dalam hidupnya ataupun dalam keseluruhan sejarah yang dikisahkan firman Tuhan. Tenyata dengan mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan di masa lampau dapat menimbulkan kekaguman dan memberikan kekuatan bagi imannya untuk mengatasi krisis iman. Karena itu ketika sedang dalam tekanan bersyukurlah pada Tuhan karena perbuatan-perbuatanNya yang ajaib di masa lalu dan juga karena firman Tuhan yang selalu menopang hidup kita.

Mengingat kembali akan segala perbuatan Tuhan di masa lalu akan membangkitkan kekaguman kita padaNya dan membuat iman kita semakin kuat.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 77:11 "Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 31'01'18 : Imamat 4 ~ 6

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT