Devotion 895 : RASA TENANG

Devotion 895 - Dr. Heintje Kobstan
RASA TENANG
Bacaan: Mazmur 62

Mereka yang memusuhi kita bisa darimana saja, bisa orang yang diluar lingkungan kita atau bahkan mereka adalah orang dekat - sahabat atau saudara. Dalam mazmur ini, Daud menghadapi orang-orang yang bermulut manis, tetapi dalam hati mereka penuh intrik dan tipu muslihat. Bahkan orang-orang dan keluarga terdekatnya ingin menggulingkannya dari singgasana (ay.3-4). Iri hati adalah dasar dari kebencian mereka. Mereka berduka atas kemajuan Daud, dan oleh sebab itu mereka bersekongkol, dengan menjelek-jelekkan dia dan mencoreng nama baiknya (yang berarti mengempaskannya dari kedudukannya yang tinggi), untuk menghalang-halangi kemajuannya.

Bagaimana Daud menghadapi semua musuhnya? Daud punya prinsip hidup yang dia nyatakan dalam mazmur ini, yaitu "Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku." (ay.1). Ketenangan yang dia miliki itu didapatkan karena kepercayaanNya kepada Allah. Daud sangat yakin bahwa Tuhan itu adalah Gunung batu keselamatannya. Sehingga dalam ketenangannya itu, ia tidak mengatakan apa-apa melawan apa yang diperbuatNya, tetapi dengan diam menantikan apa yang akan dilakukanNya. Ketenangan erat kaitannya dengan kesabaran dan penguasaan diri. Hal ini sangat diperlukan ketika menghadapi persoalan atau masalah (Ams.16:32). Pengalaman Daud berjalan bersama Allah membuatnya tidak takut dan semakin mempercayaiNya. Perhatikanlah, semakin banyak iman diwujudkan dalam tindakan, semakin hidup iman itu jadinya. Crescit eundo – Semakin bertumbuh dengan dilatih. Semakin sering kita merenungkan sifat-sifat dan janji-janji Allah, dan pengalaman kita sendiri, semakin kuat kita menghadapi ketakutan-ketakutan kita. Siapapun orang yang memusuhi kita dan berencana membuat kita jatuh terpuruk, jika kita hidup dekat Allah maka kita tidak akan takut. Mengapa? Karena kepercayaan kita pada Allah membuat kita tenang dan tidak takut sebab Allah akan menyelamatkan kita dari para musuh bahkan yang akan membalas setiap perbuatan mereka.

Tenanglah dan jangan takut menghadapi para musuh sebab Penyelamat dan Pembebas hidup kita adalah Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
Mazmur 62:1 "Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Daud. (Hanya dekat Allah saja aku tenang, dari pada-Nyalah keselamatanku."

Pembacaan Alkitab Setahun "BERGEMA"
Tgl. 13'01'18 : Kejadian 37 ~ 39

#kingdomdevotion

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT