Devotion 334 : KERAJAAN IMAM

Devotion 334 - Dr. Heintje Kobstan
KERAJAAN IMAM
Bacaan: Wahyu 1

Kerajaan imam telah ditegakkan dimana Yesus sebagai Raja dan kita adalah imam-imamNya.

Dalam PL, janji Allah bagi umat Israel adalah jika mereka sungguh-sungguh menaati firman Allah dan berpegang pada perjanjianNya maka mereka akan menjadi kerajaan imam dan bangsa yang kudus (Kel.19:5-6). Tetapi pada kenyataannya bangsa Israel tidak menaatinya sehingga janji tersebut tidak tergenapi. Janji tersebut baru tergenapi di dalam Yesus. Kita yang percaya kepada Yesus telah dipilih menjadi imamat yang rajani, bangsa yang kudus umat kepunyaan Allah sendiri. Dan hal ini dinyatakan juga oleh Yohanes, "...dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya..." Karena Yesus maka kita telah menjadi kerajaan imam.

Ini adalah pengharapan yang kuat bagi setiap orang percaya pada waktu itu. Saat mereka berada dalam penganiayaan hebat dari Kaisar Domitian, karena tidak mau mengakui dan menyembah kaisar sebagai Tuhan. Pada saat itu banyak yang menjadi martir karena iman mereka pada Kristus. Melihat hal itu, banyak yang mulai meragukan pribadi dan kuasa Yesus. Tetapi melalui wahyu kepada Yohanes, bahwa mereka yang taat pada firman Allah dan berpegang pada perjanjianNya akan dijadikan kerajaan imam dan bangsa yang kudus. Sehingga pengharapan umat Tuhan waktu itu bangkit kembali. Allah tak pernah meninggalkan umatNya dan selalu menolong mereka dalam segala situasi. Ini yang menjadi nyanyian kemenangan iman atau doxologi kita bahwa kerajaan imam telah ditegakkan, dimana Yesus adalah Raja dan kita adalah imam-imamNya.

Di dalam Kristus, kita adalah imam-imam kerajaan Allah dan bangsa yang kudus. Kita adalah perwakilan kerajaan Allah di muka bumi ini. Karena itu tetaplah taat kepada firman Allah dan berpegang teguh kepada perjanjianNya.

#passionateheintje.blogspot.com
Wahyu 1:5-6 "... dan yang telah membuat kita menjadi suatu kerajaan, menjadi imam-imam bagi Allah, Bapa-Nya..."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT