Devotion 331 : SEPARUHNYA KEMANA?

Devotion 331 - Dr. Heintje Kobstan
SEPARUHNYA KEMANA?
Bacaan: 2Yohanes 1

Jangan melangkah keluar tetapi tinggallah didalam pengajaran yang murni dalam Tuhan.

Surat ini ditujukan kepada Ibu dan anak-anaknya, ada yang beranggapan ini ditujukan kepada seorang wanita saleh bernama "Kyria" (Yun. = wanita) dan keluarganya; bisa jadi ini adalah kiasan untuk gereja dan anggotanya atau pemimpin gereja; atau gereja lokal di bawah penggembalaan Yohanes. Namun yang menyedihkan adalah hanya separuh dari anggota gereja yang hidup dalam kebenaran sesuai dengan perintah yang telah diterima dari Allah Bapa. Mengapa hanya separuh yang hidup dalam kebenaran? Separuhnya mungkin tetap ada dalam gereja tapi tidak dalam kebenaran. Biarlah ini menjadi perenungan untuk setiap gereja dan pemimpin gereja.

Banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia yang tidak mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itu adalah si penyesat dan antikristus. Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak. Hanya yang hidup dalam ikatan kasih Yesus yang akan menghalangi orang keluar dari pengajaran yang benar dan tak tersesatkan. Karena itu, Yohanes menegaskan kepada "Ibu" untuk saling mengasihi. Dengan demikian maka gereja hidup dalam perintahNya yaitu hidup dalam kasih. Praktekkan kasih dalam kehidupan berjemaat maka gereja akan menjadi kuat dan kokoh dan tidak gampang terpengaruh dengan pengajaran-pengajaran palsu dari para penyesat.

Gereja harus menerapkan ajaran kasih yang murni yang bersumber dari Allah sendiri. Sehingga jemaat dapat mengenal kasih yang murni dan mempraktekkannya.

#passionateheintje.blogspot.com
2 Yoh. 1:9 "Setiap orang yang tidak tinggal di dalam ajaran Kristus, tetapi yang melangkah keluar dari situ, tidak memiliki Allah. Barangsiapa tinggal di dalam ajaran itu, ia memiliki Bapa maupun Anak."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT