Devotion 332 : KETELADANAN HIDUP

Devotion 332 - Dr. Heintje Kobstan
KETELADANAN HIDUP
Bacaan: 3Yohanes 1

Tidak semua pemimpin dapat memberikan keteladanan hidup sekalipun ia mempunyai banyak pengikut.

Surat Yohanes yang ketiga ini ditujukan kepada Gayus, tidak ada yang dapat memastikan siapakah Gayus ini. Tapi bisa dikatakan bahwa Gayus ini adalah salah seorang pemimpin dari salah satu jemaat yang digembalakan Yohanes. Gayus ini adalah tipikal pemimpin yang setia dan hidup dalam kebenaran. Dalam surat Yohanes yang kedua yang ditujukan kepada gereja dan pemimpinnya, isinya adalah suatu dukacita karena separuh jemaat telah berada diluar kebenaran. Walau secara implisit di surat yang ketiga ini juga mengandung dukacita tetapi ada suatu sukacita karena Gayus tetap hidup dalam kebenaran. Hal ini dibuktikan dari kesaksian saudara seiman yang lain tentang Gayus.

Dalam berbagai krisis yang harus dihadapi seorang pemimpin Kristen, kesaksian iman dari mereka yang dipimpin menjadi sumber sukacita yang menyejukkan hati. Gayus adalah pemimpin yang dapat memberikan teladan dalam perbuatan kasihnya kepada jemaat. Tidak banyak pemimpin yang dapat memberikan teladan perbuatan kasih. Mungkin pemimpin yang lain hanya berkoar-koar tentang perbuatan kasih tetapi hanya sebatas perkataan saja. Mungkin juga ada yang telah menyakiti jemaat dengan perkataan atau perbuatan yang tidak mencerminkan kasih Kristus. Karena itu janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Siapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi siapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.

Gayus mendapat apresiasi yang baik, baik dari Yohanes maupun dari saudara seiman lainnya. Gayus adalah bukti pemimpin yang berakar dan bertumbuh dalam pengajaran Kristus. Gayus adalah pemimpin yang patut diteladani.

#passionateheintje.blogspot.com
3 Yoh. 1:6  "Mereka telah memberi kesaksian di hadapan jemaat tentang kasihmu. Baik benar perbuatanmu, jikalau engkau menolong mereka dalam perjalanan mereka, dengan suatu cara yang berkenan kepada Allah."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT