Devotion 307 : SEKALI UNTUK SELAMANYA

Devotion 308 - Dr. Heintje Kobstan
SEKALI SAJA IA MENGORBANKAN DIRINYA
Bacaan: Ibrani 9

Yesus Kristus telah menjadi pengantara bagi suatu perjanjian yang baru yang disahkan oleh darahNya sendiri.

Dalam kitab Ibrani, kemah tempat ibadah dibagi menjadi dua bagian, ruang kudus yang berisi kaki dian dan meja roti sajian. Yang kedua adalah ruang maha kudus, dimana ada mezbah pembakaran ukupan dari emas dan tabut perjanjian. Dalam ruang kudus, para imam bisa masuk untuk menyelenggarakan ibadah setiap hari. Tetapi untuk ruang maha kudus, hanya bisa dimasuki oleh Imam Besar setahun sekali dan dengan darah yang ia persembahkan bagi dirinya sendiri dan bagi pelanggaran-pelanggaran yang dibuat umatNya dengan tidak sadar.

Yesus telah datang sebagai Imam Besar yang agung, menjadi pengantara antara Allah dan manusia. Ia yang telah masuk ke ruang Maha Kudus bukan dengan membawa darah domba jantan dan darah anak lembu, tetapi dengan darahNya sendiri sebagai korban yang tak bercacat cela. Sebab, jika darah domba jantan dan darah lembu jantan dan percikan abu lembu muda menguduskan mereka yang najis, sehingga mereka disucikan secara lahiriah, maka terlebih lagi darah Yesus yang telah menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia supaya kita dapat beribadah kepada Allah. Hanya sekali saja Ia mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. 

Yesus telah mengorbankan diriNya sendiri demi kita manusia. Dengan darahNya, Ia telah menguduskan hidup kita dari segala perbuatan yang sia-sia dan memberi keselamatan. Hanya dengan percaya kepadaNya dan mengakui segala dosa-dosa kita maka pengorbananNya akan sempurna dalam hidup kita.

#passionateheintje.blogspot.com
Ibrani 9:28 "demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT