Devotion 316 : KERENDAHAN HATI

Devotion 316 - Dr. Heintje Kobstan
KERENDAHAN HATI
Bacaan: Yakobus 4

Perkataan dan sifat yang sombong tidak akan membawa kebaikan dari si pemiliknya.

Air akan mengalir dari dataran yang tinggi ke dataran yang rendah. Inilah sifat air yang selalu mencari tempat yang rendah. Demikian juga dengan Allah dari tempat yang Maha Tinggi akan melimpahkan semua kebaikan, anugerah, kasih dan berkatNya kepada mereka yang rendah hati. Allah berkenan kepada orang-orang yang rendah hati. Kerendahan hati adalah sikap atau karakter yang dipancarkan menjadi gaya hidup seseorang setiap hari. Bukanlah suatu perasaan atau cara hidup yang di modifikasi dalam suatu keadaan tertentu. Bukan juga karena ingin dilihat dan dinilai orang sehingga berusaha untuk ramah dan baik.

Sengketa dan pertengkaran datang dari keinginan dan hawa nafsu yang berjuang untuk dipuaskan. Pemenuhan keinginan dan hawa nafsu ini biasanya cenderung mengabaikan hak dan kepentingan orang lain sehingga bisa menyulut pertengkaran. Namun jika ada kerendahan hati maka sengketa, pertikaian bahkan kehancuran bisa diselesaikan dengan baik. Kerendahan hati bukan saja ditampilkan di depan orang lain. Tetapi sesungguhnya, kerendahan hati yang sejati itu harus dinyatakan di hadapan Allah terlebih dahulu. Allah menentang orang yang congkak dan mengasihi orang yang rendah hati. Kecongkakan bisa diakibatkan karena pengaruh persahabatan dengan dunia yang cenderung tidak menghormati Allah.

Sikap persahabatan dengan dunia menunjukkan kesombongan kita yang melawan Allah, membelakangi dan tidak menghormatiNya. Tetapi sikap taat, tunduk dan menghormati Tuhan adalah sikap kerendahan hati kita di hadapanNya. Kerendahan hati akan menampung semua hal yang baik dari Tuhan. Kerendahan hati juga berbicara tentang kapasitas hidup kita. Ketika kita merendahkan diri di hadapan Tuhan maka Ia akan meninggikan kita pada waktunya.

#passionateheintje.blogspot.com
Yakobus 4:10 "Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT