Devotion 310 : IMAN ADALAH PERCAYA DAN TAAT

Devotion 310 - Dr. Heintje Kobstan
IMAN ADALAH PERCAYA DAN TAAT
Bacaan: Ibrani 11

Tak perlu pembuktian, tetapi berimanlah!

Beri bukti bukan janji!!! Mengapa slogan seperti ini bisa ada? Kecenderungan manusia ketika berjanji adalah tidak untuk menepatinya. Sehingga setiap janji perlu adanya pembuktian. Dan integritas manusia juga ditentukan dari setiap janji yang ia tepati. Allah tak perlu membuktikan integritasnya, karena setiap janjiNya pasti Ia tepati pada waktunya. Kita tidak perlu lagi pembuktian tentang janji Allah, cukup percaya dan yakin serta taat pada kehendakNya maka kita akan menerima penggenapan janji itu. Inilah yang dikatakan beriman, tak perlu dasar yang lain untuk percaya karena dasarnya adalah pribadi Allah sendiri serta bukti untuk menyatakan penggenapan janji itu karena Allahlah buktinya. Kepercayaan dan ketaatan kepada pribadi Allah itulah iman.

Tanpa iman maka kita tidak akan berkenan kepada Allah. Iman membuktikan bahwa seluruh alam semesta ini dijadikan oleh firman Allah. Dan setiap orang yang berbalik kepada Allah, harus percaya bahwa Ia ada dan Dialah penyebab segala sesuatu. Kitab Ibrani pasal 11 memberikan banyak contoh pahlawan iman. Mereka adalah orang-orang yang percaya kepada Allah dan melakukan kehendakNya atas dasar kepercayaan dan ketaatan walau tak tahu hasilnya bagaimana. Merekalah orang-orang yang berkenan kepada Allah dan yang menerima penggenapan janji-janjiNya.

Ketika logika kita sudah tak bisa memahami yang terjadi maka disitulah iman bekerja. Allah bekerja dan menjawab doa kita karena iman bukan keinginan atau kebutuhan. Iman adalah percaya kepada pribadi Allah sepenuhnya dan melakukan kehendakNya dalam ketaatan. Itulah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

#passionateheintje.blogspot.com
Ibrani 11:3 "Karena iman kita mengerti, bahwa alam semesta telah dijadikan oleh firman Allah, sehingga apa yang kita lihat telah terjadi dari apa yang tidak dapat kita lihat."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT