Devotion 322 : JAGALAH ORIENTASI PELAYANAN KITA

Devotion 322 - Dr. Heintje Kobstan
JAGALAH ORIENTASI PELAYANAN KITA
Bacaan: 1Petrus 5

Biarlah orientasi pelayanan kita tetap berpusat pada Kristus.

Seperti yang dikatakan Yesus kepada Petrus, "gembalakanlah domba-dombaKu", hal yang sama disampaikan Petrus kepada kita semua "Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri." Petrus meminta agar kita menggembalakan kawanan domba Allah yang sudah ada pada kita, yaitu jiwa-jiwa yang sudah bertobat dan menjadi milik Kristus. Tetapi tugas penggembalaan adalah tugas seorang pendeta atau hamba Tuhan, bukan? Iya, tetapi kita yang percaya kepada Kristus adalah imam-imam Allah sehingga kita pun punya tugas yang sama seperti Petrus.

Kawanan domba Allah adalah mereka yang ada disekitar kita. Tidak kebetulan Tuhan menempatkan kita pada suatu lingkungan, itulah ladang pelayanan kita. Lakukan semua tugas pelayanan khususnya penggembalaan bukan karena terpaksa dan hanya mau cari keuntungan tetapi pengabdian diri. Orientasi kita dalam pelayanan harus diselaraskan dengan kehendak Tuhan bukan kehendak pribadi. Ada dua jenis orientasi pelayanan, panggung atau mezbah. Panggung menuntut penghormatan, mezbah menuntut pengorbanan dan pengabdian diri. Panggung berbicara berpusat pada pribadi kita, tetapi mezbah berpusat pada Yesus. Panggung adalah tempat bersandiwara, mezbah adalah tempat kemurnian hati. Pelayanan bukan digereja saja tapi dimana pun kita berada.

Pelayanan bukan untuk disombongkan tetapi merupakan anugerah Tuhan. Jika kita diberi kesempatan untuk masuk dalam pelayanan, itulah kesempatan untuk mengabdikan diri bagi kemuliaan Tuhan.

#passionateheintje.blogspot.com
1 Petrus 5:2 "Gembalakanlah kawanan domba Allah yang ada padamu, jangan dengan paksa, tetapi dengan sukarela sesuai dengan kehendak Allah, dan jangan karena mau mencari keuntungan, tetapi dengan pengabdian diri."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT