SPECIAL DEVOTION : NATAL ADALAH PERAYAAN IMAN KITA

SPECIAL DEVOTION
Dr. Heintje Kobstan
"NATAL ADALAH PERAYAAN IMAN KITA"
Bacaan: Lukas 2

Sejak Tgl. 1 Desember telah terasa kemeriahan dan sukacita Natal. Semua orang menyambut gembira. Gereja, rumah, pertokoan, mal-mal pun tidak ketinggalan dihiasi dengan pernak-pernik Natal. Ibadah Natal pun tiap hari diadakan. Tapi ada juga yang mengharamkan untuk mengucapkan selamat natal. Bahkan ada yang mengaku Kristen tapi tidak mau merayakan Natal.
Mengapa mereka tak merayakan? Alasannya Yesus tidak lahir dibulan Desember. Jika dilihat dari sejarah Alkitab memang Yesus tidak lahir di pada tgl. 25 Desember. Namun menurut tradisi, bulan Desember adalah bulan yang disepakati untuk merayakan kelahiran Yesus. Ada juga yang berkata bahwa tgl 25 Desember adalah perayaan penyembahan kepada dewa matahari atau Sol, menurut kepercayaan romawi. Namun karena alasan missiologis maka tgl 25 Desember, diadakan peralihan gelar dari Sol Invictus kepada Yesus Kristus.
Namun terlepas dari semua itu, setiap perayaan keagamaan merupakan proklamasi atas apa yang mereka percayai. Perayaan Natal adalah Pernyataan Iman Kristiani bahwa Allah berinkarnasi menjadi manusia di dalam Yesus Kristus yang bertujuan mendamaikan umat manusia yang berdosa dengan diriNya.
Allah begitu mengasihi manusia sehingga Ia rela menyerahkan anakNya yang tunggal, menjadi manusia dan mati untuk menebus dosa manusia. Tanpa kelahiran maka tidak ada kematian, tidak ada kebangkitan, tidak ada kenaikan dan  tidak akan ada kedatanganNya yang kedua kali.

Namun hendaknya dalam setiap perayaan iman tidaklah diisi dengan pesta pora dan hawa nafsu kedagingan. Justru lewat perayaan Natal, kita menyatakan iman kepada dunia bahwa Yesus Kristus itulah Tuhan Sang Juruselamat dunia. Beritakanlah karya keselamatan Tuhan bagi umat manusia... Joy to the world!
MERRY CHRISTMAS Everyone!

#passionateheintje.blogspot.com
Lukas 2:18 "Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Devotion 1002 : AKAL BUDI DAN PENGERTIAN

Devotion 482 : BERJALAN DALAM KEHENDAKNYA

PENJILAT